-->
Jakarta > Kuliner

Ingin Masakan Enak? Jangan Blender Bumbu dengan Air

Rabu, 16 November 2016 18:43 WIB
Editor : | Sumber : kompas.com

suami istri
Ilustrasi - Memasak
Foto : istimewa

Share this








Tidak bisa sembarangan memasukkan bumbu dan rempah pada suatu masakan. Pasalnya, bumbu dan rempah memiliki proses penghalusan. mengapa demikian?

JAKARTA – Salah satu kunci masakan yang nikmat adalah bumbu dan rempah. Kedua hal tersebut memang faktor utama untuk memanjakan lidah.

Yang patut diketahui, Anda tidak bisa sembarangan memasukkan bumbu dan rempah-rempah. Pasalnya, bumbu dan rempah haruslah dihaluskan terlebih dahulu agar dapat tercampur dengan rata di dalam masakan.

Nah, bila pada era terdahulu menghaluskan bumbu dengan mengulek pada sebuah tempat bernama cobek, kini banyak yang merasa terbantu dengan adanya blender.

Seperti dilansir dari laman kompas.com, Rabu (16/11/2016), Chef Stefu menekankan, saat menghaluskan bumbu dengan menggunakan blender, jangan mencampurkannya dengan air.

"Pada saat membuat bumbu putih atau cabai merah giling, sebaiknya jangan mempergunakan air pada waktu memblender," katanya. Dia melanjutkan, tidak menggunakan air saat blender alasannya adalah karena nanti pada saat Anda menumis masakan, prosesnya akan terlalu lama.

Sebab, jika diblender bersama air, yang terjadi adalah mengurangi air terlebih dahulu sampai benar-benar hilang, baru memasak bumbu. Memang benar bila menambahkan air dapat mempermudah proses penghalusan bumbu. Namun, hal ini juga bisa membuat bumbu menjadi tidak matang.

"Anda merasa sudah cukup lama memasak, padahal sebenarnya itu prosesnya baru menghilangkan kadar air dan bumbunya belum termasak," ucapnya.

Untuk itu, daripada menggunakan air dan membuat bumbu tidak matang, Chef Stefu menyarankan untuk memblender bumbu dengan minyak. Dengan demikian, Anda tidak perlu menambahkan minyak lagi saat memasaknya dan mempercepat proses penghalusan bumbu

 

Berita Terkait

 
    -->