Jumat, 01 September 2017 16:30:00
Editor : Dany Putra | Sumber : DBS
Begini Cara Daging Kurban Bisa Lebih Empuk
Ilustrasi daging dibungkus daun pepaya dan dibalur nanas
Foto : istimewa
 

JAKARTA – Di hari raya Idul Adha, berbagai macam olahan daging kurban baik kambing maupun sapi menjadi sajian yang wajib dihidangkan untuk dinikmati keluarga dan sanak saudara. 

Sayangnya, dalam membuat olahan daging kadang menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Pasalnya, daging yang memiliki tekstur keras sangat susah untuk diolah menjadi lebih empuk.

Namun, anda tidak perlu khawatir. Sebab, berikut ini adalah tips mudah yang bisa anda lakukan untuk membuat tekstur daging sapi dan kambing menjadi lebih empuk.

1.   Daging Harus Dipipihkan.

Untuk bisa membuat tekstur daging sapi dan kambing lebih lembut anda bisa memipihkan daging tersebut sebelum mengolahnya menjadi masakan. Dilansir dari laman cooking.stackexchange.com, memipihkan daging bisa membuat tekstur daging menjadi lebih empuk. Namun, sayangnya teknik ini hanya bisa dipakai untuk beberapa masakan saja.

Caranya memipihkan daging cukup dengan memukul-mukul daging dengan alat pemukul daging yang bergerigi tumpul hingga menjadi agak pipih. Setelah itu, anda tinggal dimasak dengan bumbu sesuai selera.

2.   Rendam dengan Buah Nanas

Untuk membuat daging lebih empuk bisa menggunakan buah nanas. Tapi, pastikan nanas yang dipilih merupakan nanas yang masih muda. Sebab, nanas yang masih mudah memiliki banyak kandungan enzim bromelin yang ampuh untuk menguraikan serat daging sapi, kambing, bahkan kerbau. Caranya mudah, yakni cukup menghaluskan nanas lalu membalur daging yang akan Anda olah menjadi masakan dengan nanas tersebut.

3.   Balut dengan Daun Pepaya

Enzim papain yang terkandung dalam buah pepaya akan membantu Anda untuk membuat tekstur daging yang Anda masak menjadi lebih lembut. Oleh sebab itu, jika Anda ingin tekstur daging yang Anda masak menjadi lebih lembut, balutlah daging dengan daun pepaya sebelum Anda memasaknya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda