-->
Jakarta > Kuliner

10 Macam Olahan Daging Kurban yang Mudah Dimasak

Jumat, 01 September 2017 14:00 WIB
Editor : Dany Putra | Sumber : DBS

Ilustrasi olahan daging kurban
Ilustrasi olahan daging kurban
Foto : istimewa

Share this








Olahan daging kurban yang bervariatif akan menggunggah nafsu makan.

JAKARTA – Di Hari Raya Idul Adha pastinya setiap umat muslim kelimpahan persediaan daging kambing maupun sapi. Tentu olahan daging yang bervariatif akan menggunggah nafsu makan.

Oleh sebab, itu, apakah anda sudah tahu ide mau mengolah daging hewan kurban jadi apa? Mungkin beberapa masukkan berikut bisa jadi sumber inspirasi olahan daging kambing Anda.

1.  Sate Kambing

Ini biasanya menu favorit sebagian besar warga yang hendak mengolah daging menjadi sate. Namun, agar daging kambing empuk saat diolah menjadi sate, rendam dahulu potongan daging dengan campuran kecap manis dan nanas parut selama kurang lebih 2 menit, dengan perbandingan 2:1. Atau bisa juga membungkus daging kambing dengan daun pepaya selama kurang lebih 20 menit sebelum diolah.

2.  Sate Buntel

Meski sama-sama menggunakan daging kambing, namun sajian ini berbeda. Sate yang banyak ditemukan di Solo ini menggunakan daging kambing yang dicincang. Setelahnya, daging dililitkan menyelimuti tusuk satai, dan dibungkus dengan lapisan tipis dari lemak kambing.

3.   Gulai

Sajian ini biasanya berisikan potongan daging kambingatau daging sapi bersama jeroan yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah dalam jumlah banyak. Namun jika tidak suka, ada pula yang menghilangkan santan dalam resepnya.

4.  Tongseng

Hampir sama dengan gulai. Sama-sama berkuah dan dibumbui dengan racikan bumbu gulai. Namun, daging kambing dipotong dalam ukuran kecil dan ditambahkan irisan kol, tomat merah, dan kecap manis. Umumnya penjual gulai juga menjual tongseng. Anda penggila pedas? Coba Tongseng Mercon.

5.  Tengkleng

Satu lagi sajian asal Solo berbahan dasar kambing dan tak kalah populer. Bentuknya sama dengan gulai namun dengan kuah yang lebih encer. Potongan tulang kambing menjadi bahan utama sajian ini. Selain itu bagian kepala dan ekor juga kerap ditambahkan ke dalam sajian ini.

6.  Satai Pentol

Hampir sama dengan satai buntel. Bedanya satai pentol menggunakan tambahan kelapa parut. Sehingga rasa yang dihasilkan juga lebih gurih. Campuran daging giling ini kemudian dibentuk menyerupai bola-bola kecil layaknya bakso dan dibungkus dengan lemak kambing. Kemudian ditusukkan dalam tusukan satai dan dibakar.

7.     Kari Kambing

Sajian tanah Sumatera yang menyerupai gulai namun dengan tekstur kuah yang lebih kental. Bumbu rempah yang digunakan dalam rempah juga lebih pekat dibanding gulai. Anda bisa menyajikannya bersama nasi, lontong, roti maryam, roti canai, atau chapati. Coba juga resep Rogan Josh, salah satu jenis kari yang populer di India.

8.  Martabak Telur

Tidak hanya sebagai lauk utama, daging kambing juga bisa diolah sebagai sajian camilan peneman minum teh atau kopi di sore hari. Potong-potong daging kambing dalam ukuran kecil, kemudian campurkan bersama telur, irisan bawang bombay, bawang daun, dan rempah sesuai selera. Kemudian gunakan kulit lumpia basah sebagai pembungkusnya.
 
Sisa kuah kari atau kuah gulai juga bisa digunakan sebagai saus pendamping untuk memperkaya rasa.

9.  Sop Kambing

Kuahnya bening karena tanpa menggunakan santan. Namun beberapa orang ada pula yang menambahkan santan atau susu ke dalam sajian sop mereka. Biasanya sop kambing berisikan potongan kentang, wortel, dan berlimpah daun seledri sebagai pemberi aroma.

10.   Kambing Guling

Di pesta-pesta pernikahan sajian ini selalu menjadi primadona. Sebenarnya sajian ini merupakan kambing bakar yang disajikan dalam bentuk seekor kambing utuh. Membuatnya dirumah pasti mustahil. Untuk itu, cukup potong-potong daging kambing, bumbui dengan jeruk nipis, garam dan bumbu kambing guling lainnya, dan bakar hingga matang.
 
Setelahnya Anda bisa menyajikannya dengan kreasi sambal andalan keluarga. Seperti sambal Andaliman.

    -->