-->
Jakarta > Kesehatan

Ternyata Daging Kambing Miliki Kalori Paling Rendah

Jumat, 01 September 2017 16:24 WIB
Editor : Dany Putra | Sumber : DBS

Daging Kambing
Daging Kambing
Foto : istimewa

Share this








Daging kambing memiliki kandungan kalori, lemak total, lemak jenuh, protein, dan kolesterol lebih rendah dibandingkan ayam, sapi, babi, dan domba.

JAKARTA – Daging kambing di Hari Raya Idul Adha sudah barang tentu menjadi menu utama hingga beberapa hari kedepan. Namun, banyak mitos yang membuat orang jadi was-was saat menyantap daging kambing. Tak lain dan tak bukan, daging kambing sering dijadikan kambing hitam sebagai pemicu kolesterol, hipertensi, dan asam urat.

Namun, anda tak perlu khawatir dan takut menyantap daging kambing. Banyak ahli yang menyebut menyantap daging kambing tidaklah menjadi sebuah masalah asalkan sesuai kaedah yang berlaku.

Ahli penyakit dalam sekaligus profesor gastroentrologi, Departemen Penyakit Dalam, Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam mengatakan, buat mereka yang hanya sekali-kali makan daging kuran tidak ada salahnya menyantap daging kurban. “Buat mereka yang memang sekali-kali makan daging memang tidak ada masalah jika mengosumsi daging kurban,” katanya.

Hal ini diperkuat oleh referensi kandungan nutrisi Departemen Pertanian Amerika Serikat atau USDA yang mengatakan, daging kambing memiliki kandungan kalori, lemak total, lemak jenuh, protein, dan kolesterol lebih rendah dibandingkan ayam, sapi, babi, dan domba.

Per 85 gram daging yang dimasak, daging kambing memiliki kalori sebesar 122, sedangkan ayam 162 kalori, sapi 179 kalori, babi 180 kalori, dan domba 175 kalori. Dari segi lemak pun daging kambing memiliki kandungan paling sedikit. Per 85 gram sajian, daging kambing memiliki lemak 2,6 gram, ayam sebesar 6,3 gram, sapi sebesar 7,9 gram, babi sebesar 8,2 gram, dan domba 8,1 gram.

Kandungan kolesterol daging kambing juga paling rendah, yaitu 63,8 miligram per 85 gram penyajian. Ini lebih rendah dari ayam yang memiliki kandungan kolesterol sebanyak 76 miligram, sapi dan babi sebesar 73,1 miligram, serta domba sebanyak 78,2 miligram.

    -->