Jakarta > Kesehatan

Selalu Gagal Diet? Segera Ubah Pola Pikir Anda

Minggu, 15 April 2018 12:01 WIB
Editor : Wahyu AH | Sumber : DBS

Ilustrasi program diet
Ilustrasi program diet
Foto : istimewa

Share this








Kunci utama dalam menjalani program diet adalah pola pikir. Kalau selalu gagal, berarti pola pikir Anda yang harus diubah.

JAKARTA - Selalu gagal diet? Jangan salahkan programnya, tetapi mungkin upaya Anda yang belum maksimal. Tetap semangat, ukuran tubuh yang proporsional membuat penampilan Anda lebih sempurna dan tentunya lebih sehat.

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa diet selalu gagal

1. Tidak disiplin.

Lazimnya, banyak wanita yang gagal saat menjalani program diet karena tidak disiplin. Ada perasaan kurang tulus. Sehingga, Anda hanya mampu bertahan selama beberapa hari. Anda merasa kebebasan dalam menikmati makanan kesukaan seperti keju, coklat, es krim dirampas. Akhirnya, Anda menyerah dan semakin membabibuta melahap makanan pantang dalam program diet.

Solusi terbaik, lakukan pantang makanan secara bertahap. Sehingga, tubuh dan pikiran Anda tidak terkejut. Yang penting, kurangi porsinya.

2. Bukan gaya hidup

Inti utama diet berawal dari pola pikir. Bila Anda masih menganggap diet hanya untuk sementara dan bukan gaya hidup, pasti Anda akan terus mengalami kegagalan. Meski berhasil, lazimnya hanya sementara.

3. Tidak sabar

Semua butuh proses, tidak ada hasil yang instant. Begitupun saat diet. Banyak wanita yang kurang bisa menghargai proses sehingga seringkali mereka cepat frustasi saat menjalani program diet.

Ada baiknya, selalu ingatkan diri bahwa akan butuh beberapa bulan untuk menaikkan berat badan Anda dan akan butuh beberapa waktu juga untuk menurunkannya.  Ingatlah bahwa orang yang mengalami penurunan berat badan secara perlahan akan lebih mudah mempertahankannya dalam jangka waktu yang lama.