Jakarta > Kesehatan

Pola Makan Sehat di Hari Raya Idul Adha

Jumat, 01 September 2017 16:30 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter :

Ilustrasi
Ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








Di Hari Raya Idul Adha jangan sampai menu daging justru mengganggu kesehatan anda.

JAKARTA – Di Hari Raya Idul Adha tak akan lengkap jika belum berkumpul bersama keluarga. Nah, kalau sudah kumpul pasti semuanya menyantap dengan menu utama olahan daging kurban baik kambing maupun sapi.

Menu daging ini tentu akan bertahan hingga beberapa hari kedepan, namun anda harus berhati-hati jangan sampai menu daging justru mengganggu kesehatan anda.

Ada sejumlah tips yang dapat membantu anda agar kesehatan tetap prima meski menyantap daging hewan kurban saat Idul Adha.

1.   Makan Sedikit

Tentunya saat Idul Adha anda boleh mencicipi apa saja asal tetap dalam porsi sedikit. Ini juga berlaku untuk makanan camilan atau makanan penutup yang kerap mengandung gula berlebih.

2.   Jangan Terlalu Banyak Makan Daging

Daging merah baik itu sapi, domba, dan kambing, sangat tinggi kolesterol. Oleh karena itu, jangan memanjakan diri dalam makanan berdaging merah yang berlebihan karena mereka akan membahayakan kesehatan Anda dalam jangka panjang. Jika Anda sudah memiliki masalah kolesterol dan kondisi terkait lainnya, hindari juga makan bagian daging yang berlemak.

3.   Banyak Gerak

Jika anda sudah terlalu banyak makan daging, tentu harus diimbangin dengan banyak gerakan yang memacu keringat. Jangan malas untuk bergerak selama libur hari raya ini. Entah berjalan kaki untuk silaturahim ke rumah kerabat dan teman atau membantu mengantar daging kurban, bergerak akan membantu perut bekerja dengan baik, termasuk mencerna makanan hari raya yang berat. Tentunya olahraga akan lebih baik bagi anda yang sudah banyak konsumsi daging.

4.   Perbaiki Waktu Makan

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan masyarakat sehari-hari adalah makan tidak tepat waktu. Makan di waktu yang tepat adalah yang terbaik.

5.   Istirahat di Antara Waktu Makan

Tidak makan terus menerus penting untuk kesehatan pencernaan Anda. Berilah jeda setidaknya beberapa jam untuk makan camilan di antara waktu makan utama. Hal ini memungkinkan makanan dicerna dengan baik.

6.   Makan Lebih Banyak Sayuran

Untuk menghindari sembelit, konsumsi cukup buah-buahan dan sayuran bersama daging sangat dianjurkan. Makan banyak buah dan sayur juga penting untuk mengompensasi makanan berlemak dan daging merah yang Anda nikmati di hari raya.