Jakarta > Kesehatan

Peringatan Hari AIDS, Perangi AIDS Dengan Melawan Virus HIV

Kamis, 07 Desember 2017 13:29 WIB
Editor : Fauzi | Reporter : Ronald Tanoso

Hari AIDS sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember.
Hari AIDS sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember.
Foto :

Share this








Semangat peringatan Hari AIDS menjadi perlu ditularkan dalam keseharian untuk memerangi dan mencegah penyebaran Virus HIV

JAKARTA – Peringatan Hari AIDS yang berlaku secara internasional, menjadi salah satu campaign paling efektif untuk meningkatkan kesadaran, mengenang mereka yang telah meninggal dan merayakan kemenanga. Selain itu, juga untuk aktif memerangi Virus HIV yang menyebabkan AIDS.

”Tentunya peringatan Hari AIDS Sedunia ini seperti peningkatan akses kepada layanan pengobatan dan pencegahan dengan menumbuhkembangkan kesadaran dan aksi nyata terhadap AIDS di seluruh daerah di dunia ” ujar Wali Kota Administrasi  Jakarta Timur, Bambang Musyawardana saat membuka Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2017 Tingkat Kota Jakarta Timur di Gedung Serbaguna Blok C Kantor Walikota Jakarta Timur, Selasa (5/12).

Dijelaskan Walikota, berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan pada Oktober 2017, kasus AIDS di Provinsi DKI Jakarta secara kumulatif  mencapai 50.508 kasus. Sedangkan, di wilayah Jakarta Timur sampai dengan Bulan Juni 2017 tercatat jumlah kasus HIV baru sebesar 707 kasus dan Kasus AIDS komulatif sebesar 411 Kasus. 

Sementara itu, di lain pihak secara nasional trend penularan HIV lima tahun terakhir ini pada populasi umum meningkat tajam. Hal ini tentu saja berarti penanggulangan pada masyarakat umum akan menjadi perhatian serius untuk semua. Terlebih, perkembangan lainya yang merisaukan adalah meningkatnya kasus HIV pada Ibu Rumah Tangga dan anak. 

“Kita perlu sadari bersama bahwa salah satu upaya memutus mata rantai penularan HIV AIDS termasuk mengatasi tingginya tingkat epidemi HIV di Wilayah Jakarta Timur ini hanya akan berhasil bila semua komponen masyarakat bersatu dalam upaya penanggulangan HIV AIDS dengan komitmen yang tinggi baik dari Pemerintah Daerah, sektor swasta” paparnya. 

Kendati demikian, pelaksanaan Program Penanggulangan HIV AIDS telah menunjukan hal yang menggembirakan ditandai dengan keterlibatan masyarakat. Menurutnya, dibentuknya Warga Peduli AIDS disetiap Kelurahan tersebut dapat menjadi langkah inovasi yang efektif dalam penanggulangan pencegahan HIV AIDS, 

”Jadi Camat dan Lurah untuk dapat membina dan mendampingi tugas WDP yang telah dibentuk dalam memerangi penyebaran dan penularan Virus HIV. Sehingga kemitraan yang strategis dengan semua pihak terkait untuk dapat memastikan upaya penanggulangan berjalan dengan lebih efektif, terpadu, menyeluruh dan saling mendukung, dengan semangat peringatan Hari AIDS ” pungkasnya.