Jakarta > Kesehatan

Memijat Kulit Kepala Cara Mudah Memanjangkan Rambut

Rabu, 15 Agustus 2018 16:31 WIB
Editor : Wahyu AH | Sumber : Go Dok

ilustrasi memanjangkan rambut
ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








Bagi Anda yang sedang ingin memanjangkan rambut, sebaiknya simak artikel di bawah ini ya! Antara lain dengan memijat kulit kepala.

Para wanita biasanya ingin memiliki rambut yang panjang, sehat dan tebal. Tak jarang, banyak para wanita yang mencari informasi seputar perawatan rambu, mulai dari cara meluruskan rambut, cara menebalkan rambut dan cara mengatasi rambut rontok.

Selain yang disebutkan di atas, cara memanjangkan rambutpun kerap kali di cari oleh mereka yang mengeluhkan rambut yang tak kunjung tumbuh dan memanjang walaupun sudah lewat waktu setahun.

Nah, bagi Anda yang sedang ingin mempercepat pertumbuhan rambut sebaiknya terus simak artikel di bawah ini ya!

1. Memijat kulit kepala

Tahukah Anda dengan rutin memijat kulit kepala dapat mempercepat pertumbuhan rambut? Memijat kulit kepala bisa Anda lakukan saat menggunakan minyak atau masker rambut. Pijatan bisa menstimulasi kulit kepala, mempercepat penumbuhan, serta menebalkan rambut Anda, jika dilakukan setiap hari. Jadi, sisihkan waktu Anda untuk kegitan yang satu ini, ya!

2. Konsumsilah makanan yang mengandung asam lemak

Biasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak, terutama Omega 3, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit rambut, dan kuku. Beberapa makanan yang kaya Omega 3, antara lain adalah ikan salmon, tuna, makarel, kacang almond, dan walnut.

3. Mengonsumsi vitamin B dan asam folat

Sebelum mengonsumsi obat penumbuh rambut sebaiknya coba terlebih dahulu dengan menjaga asupan vitamin B6. B12, serta asam folat di dalam tubuh Anda.  Pasalnya, kandungan-kandungan tersebut sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Makanan yang memiliki kandungan B6 ini antara lain adalah pisang, kentang, ubi, dan bayam. Sementara yang mengandung asam folat di antaranya adalah daging sapi, daging ayam, ikan, dan produk olahan sapi. Sementara itu, Anda bisa mendapatkan asam folat dari buah dan sayuran, terutama buah citrus dan tomat, kacang-kacangan, serta gandum.

4. Manfaatkan lidah buaya (Aloe vera)

Lidah buaya alias aloe vera sudah dipercaya untuk mengobati kerontokan rambut. Hal ini bukan tanpa alasan, karena aloe vera memang bisa membebaskan folikel-folikel rambut yang tersumbat oleh minyak berlebih, yang seringkali membuat lemah batang rambut Anda. Kerontokan merupakan salah satu hambatan dalam memanjangkan rambut, dan hal ini dapat dihilangkan secara rutin mengoleskan aloe vera atau menggunakan shampoo yang memiliki kandungan ini. Hasilnya, pertumbuhan rambut akan lebih cepat, dan ketombe pun bisa hilang. Hebat, bukan?

5. Minyak kelapa

Sama dengan lidah buaya, minyak kelapa juga ampuh untuk mengobati serta mencegah kerontokan rambut. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala setiap hari, dan memijat bagian tersebut dengan lembut.

6. Minyak rosemary dan jus bawang

Baik jus bawang maupun minyak rosemary, sudah banyak digunakan dan dianjurkan untuk para penderita Alopecia -suatu kondisi di mana rambut tak kunjung tumbuh. Pasalnya, kedua bahan tersebut diyakini mampu menstimulasi pertumbuhan rambut secara kuat dan cepat. Jus bawang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kepala, dan meningkatkan produksi keratin yang bertugas menjaga pertumbuhan rambut. Anda bisa mengonsumsi jus bawang, atau menggunakan campurannya untuk digunakan bersama shampoo, dan menggunakan minyak rosemary untuk memijat kulit kepala secara rutin.

Bagaimana, sudah siap memiliki rambut panjang nan menawan? Semoga bermanfaat!