-->
Jakarta > Kesehatan

Manfaat Menjadi Vegetarian, Nomor 3 Mudah Menjaga Bentuk Tubuh

Rabu, 18 Oktober 2017 18:56 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter :

sayuran
Ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








Saat menjadi vegetarian berarti Anda berkomitmen tidak lagi mengonsumsi daging. Hanya sayur dan buah-buahan.

JAKARTA – Menjadi seorang vegetarian membutuhkan tekad kuat. Sama halnya dengan mengubah kebiasaan merokok. Sejumlah orang berhasil, sebut saja artis Dewi Gita, Sophia Latjuba, dan Penulis Buku ‘Perahu Kertas’ Dewi Lestari. Mereka diketahui sudah bertahun-tahun hidup tanpa mengonsumsi daging.

Sebenarnya, apa sih keuntungan menjadi vegetarian? Simak penjabarannya:

1. Bila Anda tidak mengonsumsi daging, berarti Anda mampu mengurangi asupan lemak dan kolesterol ke dalam tubuh. Daging berganti dengan sayur-sayuran dan buah yang kaya nutrisi dan vitamin.

2. Nutrisi dan vitamin yang terdapat pada sayur dan buah-buahan juga bisa memberikan dampak baik bagi kulit. Terlebih, sayuran yang kaya kandungan mineral. Zat ini serta antioksidan dapat melancarkan sirkulasi darah dan menjaga pigmen kulit.

Dengan mengonsumsi sayuran segar dan mentah, tubuh juga dapat terhindar dari zat jahat yang disebut Advanced Glycation Endproducts atau AGEs. Senyawa AGEs ini dapat muncul ketika makanan dimasak dengan suhu tinggi. Sebuah penelitian menemukan bahwa zat tersebut menjadi penyebab penuaan dini, keriput, dan peningkatan lemak di perut.

3. Dengan menjadi seorang vegetarian, Anda dapat lebih mudah menjaga bentuk tubuh. Serta, lebih mampu menjaga kesehatan pikiran. Penelitian yang dilakukan di British Journal of Health Psychology menemukan bahwa aspuan sayuran yang besar juga dapat menghasilkan lebih banyak energi, ketenangan, perasaan bahagia, dan dampak positif pada suasana hati lainnya.

    -->