Jakarta > Kesehatan

Ini Penyakit yang Lazim Mengintai Usai Lebaran

Kamis, 29 Juni 2017 11:50 WIB
Editor : Dany Putra | Sumber : DBS

Ilustrasi
Ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








Makan dan aktivitas secara berlebihan saat Lebaran dapat menimbulkan beragam penyakit yang cukup membahayakan.

JAKARTA – Sudah menjadi hal yang lumrah saat Lebaran tiba umat muslim bersuka cita dan berpesta. Berkumpul bersama keluarga menyambung tali silaturahmi menjadi hal wajib saat Idul Fitri. Hidangan lezat dan menggugah selera pun bertebaran di mana-mana. Bagi anda yang tidak waspada dengan beragam hidangan tersebut tentu akan mengalami sakit.

Hal tersebut tak lepas saat anda berpuasa terjadi perubahan metabolisme dalam tubuh. Namun, saat berlebaran dan mengkonsumsi makanan terlalu banyak, maka hal ini akan membuat kaget tubuh anda. Perubahan metabolisme yang secara tiba-tiba itulah yang dapat menimbulkan beberapa penyakit. 

Berikut penyakit yang kerap muncul usai Lebaran :

Maag

Makanan saat Idul Fitri biasanya disajikan bersantan dan pedas. Jika mengkonsumis terlalu banyak, maka hal ini bisa menyebabkan maag Anda kambuh.

Diare

Makanan saat Lebaran biasanya terdari berbagai macam  bumbu yang dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan seperti diare

Radang tenggorokan

Makanan yang terdiri dari berbagai macam bumbu yang kuat dapat memicu terjadinya radang tenggorokan

Kenaikan kadar gula darah, kolesterol dan asam urat

Makan berlebihan saat Lebaran juga dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, kolesterol, asam urat dalam tubuh yang akan meningkatkan terjadinya penyakit kencing manis.

Kecapean dan kelelahan

Hal ini juga dapat terjadi, karena aktivitas yang terlalu banyak selain berkunjung ke rumah saudara dan mungkin melakukan perjalanan mudik.