Jakarta > Kesehatan

Dinkes DKI Diminta Perbanyak Rumah Sakit Tipe D

Minggu, 10 September 2017 12:03 WIB
Editor : Dany Putra | Sumber : beritajakarta.com

Salah satu Rumah Sakit Tipe D di Jakarta
Salah satu Rumah Sakit Tipe D di Jakarta
Foto : istimewa

Share this








Saat ini RS Tipe D di Jakarta hanya berjumlah 23 unit. Jumlah tersebut jauh dari ideal.

JAKARTA – DPRD DKI Jakarta meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI untuk memperbanyak Rumah Sakit (RS) Tipe D di Jakarta. RS Tipe D diperlukan untuk mengoptimalkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Belly Bilalusalam mengatakan, Jakarta yang memiliki kepadatan penduduk diatas rata-rata memerlukan pelayanan kesehatan yang juga banyak. Menurutnya, masih banyak masyarakat yang memerlukan layanan kesehatan hingga harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

"Layanan kesehatan memang terus makin membaik. Tapi agar lebih maksimal perlu diperbanyak Rumah Sakit Tipe D," ujarnya.

Dia melanjutkan, saat ini RS Tipe D di Jakarta hanya berjumlah 23 unit. Jumlah tersebut jauh dari ideal untuk menampung pasien penyakit ringan yang membludak di RSUD. "Kalau ada banyak Rumah Sakit Tipe D, pasien sakit ringan tapi perlu dirujuk ke RSUD," ucapnya.

Hal senada juga diutarakan anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta lainnya,  Mohammad Hasan. Ia meyakini dengan ditambahnya jumlah RS Tipe D, maka akan mengurangi angka pasien di RSUD.

"Kesehatan masyarakat paling utama. Jadi sudah sewajarnya jika layanan kesehatan diperbanyak di lingkungan masyarakat," imbuhnya.