Selasa, 22 Agustus 2017 16:38:00
Editor : Dany Putra | Sumber : DBS
Pengecekan Hewan Kurban di Tanjung Priok
Petugas KPKP Jakarta Utara melakukan pengecekan hewan kurban
Foto : Adi Wijaya
 

JAKARTA – Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Sri Hartati mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah memeriksa 14.529 ekor hewan kurban di Jakarta. Pemeriksaan dilakukan sejak 18 Agustus 2017.

Sri melanjutkan, pemeriksaan hewan kurban difokuskan di tempat-tempat penjualan hewan yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta.  "Sampai hari ini sudah ada 14.529 ekor hewan kurban yang diperiksa petugas di tempat penampungan," ujarnya, Selasa (22/8/2017).

Dia melanjutkan, hewan kurban yang diperiksa berasal dari 207 tempat penampungan. Selain memeriksa kesehatan, pihaknya juga memastikan hewan kurban yang dijual memenuhi syarat.

Sri menjelaskan, selama tiga hari pemeriksaan hewan kurban pihaknya belum menemukan penyakit hewan yang membahayakan. Henwan-hewan yang diperiksa dalam kondisi sehat dan sudah disertai surat kesehatan dari daerah asal.

"Hewan kurban yang diperiksa kambing dan sapi. Beberapa bagian yang diperiksa seperti gigi, telinga serta kondisi fisik lainnya. Pemeriksaan dilakukan untuk menghindari adanya pedagang nakal yang menjual hewan kurban dalam kondisi sakit. Secara umum kondisi hewan kurban sehat. Sementara yang tidak cukup umur ada sekitar 47 ekor," tuturnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda