Jakarta > Kesehatan

Begini Dampak Pengguna PCC

Jumat, 15 September 2017 18:33 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Chandra Purnama

pcc
Istimewa
Foto : istimewa

Share this








PCC memang obat resmi yang sudah disahkan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Sayangnya, telah disalahgunakan.

JAKARTA – Peredaran Psikotropika Golongan IV bernama PCC (Paracetamol Caffein Carisoprodal) mulai menghebohkan masyarakat. Masyarakat khususnya yang tinggal di Jabodetabek harap waspada.

“Kenalilah PCC. Saat ini, memang belum masuk Jakarta. Tapi, kita harus tetap waspada,” ucap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, Jumat (15/9/2017).

PCC bisa menimbulkan efek halusinasi yang berlebih hingga penggunanya nekat melakukan aksi tanpa sadar yang bisa membahayakan nyawanya. Pengguna berhalusinasi tinggi hingga menyebabkan gangguan syaraf otak.

Itu sebabnya, kata Kepala Bagian Penerangan Umum Div Humas Polri, Kombes Pol Martinus, pengguna akan cenderung menyakiti diri sendiri dan berperilaku aneh.

PCC memang obat resmi yang sudah disahkan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Namun seiring berjalannya, banyak peredaran obat tersebut yang disalahgunakan sehingga berdampak negatif bagi si pemakai.

"Sejenis obat penenang. Digunakan pada pasien pasca operasi untuk mengurangi rasa nyeri akibat operasi," ungkap Martinus kepada wartawan, Jumat (15/9/2017).