Rabu, 09 Agustus 2017 10:42:00
Editor : Dany Putra | Sumber : DBS
Ilustrasi pemeriksaan hewan kurban
Ilustrasi pemeriksaan hewan kurban
Foto : istimewa
 

JAKARTA – Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini, Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menyiapkan 100 petugas untuk memelihara kesehatan hewan kurban.

Sekretaris Dinas KPKP DKI Jakarta, Elly mengatakan, para petugas kesehatan hewan kurban tersebut nantinya akan berkeliling ke lokasi-lokasi yang menjadi penampungan sementara di lima wilayah kota.

“Petugas akan memeriksa kesehatan hewan kurban yang akan dijual ke masyarakat. Sehingga pembeli bisa mendapatkan hewan kurban yang sehat dan memenuhi persyaratan,” katanya, Rabu (9/8/2017).

Dia melanjutkan, pemeriksaan hewan kurban akan dimulai pekan depan. Petugas akan mengecek kondisi fisik hewan yang dijual pedagang. Pasalnya kondisi fisik hewan kurban harus baik dan tidak mengalami cacat seperti pincang, buta, daun telinga rusak, kurus, berkelamin jantan dan belum cukup umur.

“Kami juga periksa air liur dan darah hewan kurban dengan cara sampling. Darah akan diperiksa di laboratorium," jelasnya.

Dia melanjutkan, hewan kurban seperti kambing dan domba yang dijadikan hewan kurban harus berusia di atas satu tahun yang ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. "Sedangkan untuk sapi dan kerbau harus berusia di atas dua tahun dengan kondisi telah tumbuh sepasang gigi," tuturnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda