-->
Jakarta > Hukum

Thomson Reuters Foundation : Jakarta Masuk Kota Tidak Aman Bagi Wanita

Jumat, 26 Januari 2018 10:37 WIB
Editor : Waritsa Asri | Sumber : Thomson Reuters Foundatio

Rilis Thomson Reuters Foundation
Rilis Thomson Reuters Foundation
Foto : istimewa

Share this








Rilis dari Thomson Reuters Foundation mengungkapkan Jakarta masuk kota tidak aman bagi wanita sehingga rentan mengalami kasus kekerasan seksual

JAKARTA -  Rilis dari Thomson Reuters Foundation mengungkapkan Kota Jakarta menempati peringkt ke-tujuh dalam daftar ’10 Kota Besar dengan Kasus Kekerasan Seksual Tertinggi di Dunia’ sepanjang 2017.

Metodologi yang digunakan yaitu poling sepanjang Juni-Juli 2017 terhadap 380 pakar di bidang kewanitaan, akademis, non pemerintah, kesehatan, kebijakan, dan sosial di 19 kota besar dunia.

Mereka menganggap kalau wanita di Jakarta terancam mengalami kasus kekerasan seksual mulai dari verbal hingga fisik setiap harinya.

Jika Jakarta berada di peringkat ke-tujuh, maka kota Delhi di India dan kota Sao Paulo di Brazil menempati peringkat teratas.  Sementara itu, kota Lima di Peru menempati peringkat paling bawah. 

Tak hanya itu, Jakarta juga masuk dalam daftar ’19 Kota Besar yang Berbahaya untuk Wanita di Dunia’.  Belasan kota besar yang dipilih merupakan kota dengan lebih dari 10 juta penduduk.

Jakarta sendiri masuk dalam peringkat ke-sembilan, di bawah Lagos, Nigeria, dan di atas Istanbul, Turki. Sedangkan yang berada di peringkat teratas ialah kota Kairo, Mesir dan yang berada di peringkat terbawah ialah kota London, Inggris.

Penyebabnya yaitu pengaruh praktik budaya, minimnya akses kesehatan dan peluang ekonomi terhadap wanita membuat Jakarta menempati peringkat tersebut. 

    -->