Jakarta > Hukum

Sidang Ahok

Sidang Ahok Diprediksi Berakhir Mei 2017

Rabu, 11 Januari 2017 09:44 WIB
Editor : Andi MZ | Reporter : Chandra Purnama

Sidang Ahok
Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan
Foto : istimewa

Share this








Berdasarkan hasil diskusi Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan dan majelis hakim, diketahui sidang Ahok diprediksi berakhir Mei 2017.

PASAR MINGGU – Sidang kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diperkirakan akan berlangsung panjang. Malahan, pihak kepolisian memprediksi persidangan itu akan berakhir Mei 2017.

Hal itu diungkapkan Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan di Auditorium Kementrian Pertanian (Kementan), Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2017). "Setelah berdiskusi dengan majelis hakim, sidang ini diperkirakan baru selesai April atau Mei (2017)," katanya.

Iriawan mengatakan saksi yang dihadirkan kedua belah pihak cukup banyak sehingga persidangan membutuhkan waktu panjang.  “Ada 46 saksi. Seminggu 4 saksi saja yang dimintai keterangan maka, hampir 8 minggu waktu yang dibutuhkan," beber Iriawan.

Meski membutuhkan waktu panjang, Iriawan menegaskan pihaknya akan mengamankan persidangan yang dijadwalkan setiap Selasa ini. "Tiap Selasa kami amankan sidang dengan maksimal dibantu dari TNI dan Pemerintah Daerah Jakarta," pungkas dia.

Sebagaimana diketahui, Selasa (10/1/2017) sidang Ahok memasuki episode kelima. Sidang dijadwalkan memeriksa lima saksi dari pihak jaksa penuntut umum, tapi hanya empat diantaranya yang dipastikan hadir di pengadilan.

Keempat saksi yang hadir yakni Sekretaris Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah Pedri Kasman, Willyuddin Abdul Rasyid Dhani,  Muhammad Burhanudin, dan Irene Handono. Sedangkan saksi Ibnu Baskoro tidak hadir karena sakit. Seluruh saksi di sidang kelima ini merupakan pelapor kasus Ahok.