Jakarta > Hukum

Polda Metro Jaya Ungkap Modus Penipuan Petugas PLN Gadungan

Kamis, 12 Oktober 2017 17:17 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : Chandra Purnama

ilustrasi meteran listrik
ilustrasi meteran listrik
Foto : istimewa

Share this








Modus pelaku petugas PLN gadungan dengan mengaku sebagai petugas PLN dengan menunjukan surat tugas palsu pada calon korbannya.

JAKARTA - Kanit II Subdit Reserse Mobile (Resmob) Dit Reskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Indra Ranudikatra  mengatakan DR, pelaku penipuan berkedok pegawai PLN ini menggunakan tanda pengenal dan surat tugas berlogo PLN.

"Pelakunya tunggal bernama DR, dia mengaku sebagai petugas PLN dengan menunjukan surat tugas palsu pada calon korbannya. Tersangka juga pakai id card dengan simbol instansi PLN," katanya di Mapolda Metro Jaya, Kamis (12/10/2017).

Indra menjelaskan, pelaku memilih targetnya secara acak. Pelaku terlebih dahulu melakukan survei untuk mendata calon korban yang menggunakan meteran listrik lama. Ia kemudian menawarkan penggantian ke meteran listrik pasca bayar.

"Modus dia survei dulu, datangi korban, saat diliat rumah calon korban masih pakai meteran lama, ditawarkan diganti jadi model meteran baru yang sesuai kondisi yang ditetapkan PLN," paparnya.

Ia menjelaskan, dalam transaksi, calon korban dimintai uang hingga Rp1,5 juta untuk biaya pergantian dan asuransi. Dari total 18 korban, pelaku telah meraup untung hingga Rp10 juta rupiah.

"Calon korbannya lalu diminta duit ganti meteran baru ditambah uang asuransi yang jumlahnya 450 ribu ampe 1,5 juta rupiah. Dari 18 korban itu, pelaku sudah kumpulkan duit 10 juta," bebernya.