Jakarta > Hukum

Duka Dari Pabrik Petasan Di Tangerang

Pengawasan Pabrik Kembang Api di Jadetabek Diperketat

Kamis, 09 November 2017 15:46 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Chandra Purnama

Pabrik kembang api dan petasan  terbakar
Pabrik petasan di Tangerang terbakar.
Foto : Chandra Purnama

Share this








Untuk mengatasi tragedi kebakaran pabrik kembang api seperti di Kosambi, polisi akan merazia pabrik kembang api di Jadetabek.

JAKARTA - Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta menegaskan pihaknya akan menggandeng pemerintah setempat untuk memperketat pengawasan terhadap pabrik-pabrik kembang api yang beroperasi di kawasan Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek).

Ini sebagai bentuk antisipasi agar kebakaran hebat seperti di PT Panca Buana Cahaya Sukses, Kosambi, Tangerang, Banten, yang memakan puluhan korban tidak terulang lagi.

"Kami juga akan melakukan razia terhadap sejumlah perusahaan kembang api," kata Nico di Mapolda Metro Jaya, Kamis (9/11/2017).

Nico pun mengatakan akan menertibkan pabrik-pabrik yang ketahuan menyimpan bahan berbahaya. Sekaligus mengawasi kemungkinan adanya pabrik yang mempekerjakan anak di bawah umur.

"Siapa saja yang mempekerjakan anak dengan resiko tinggi diancam pidana di atas 5 tahun," pungkas Nico.

Sebagaimana diketahui, setidaknya ada sembilan anak dibawah umur yang tercatat bekerja di pabrik kembang api yang meledak di Kosambi, Tangerang, Banten beberapa hari lalu. Empat di antaranya tewas mengenaskan.