Jakarta > Hukum

Sidang Ahok

Pengacara Ahok Sebut Saksi Jaksa Tak Berkualitas

Rabu, 11 Januari 2017 11:36 WIB
Editor : Andi MZ | Reporter : Chandra Purnama

Sidang Ahok
Ahok dalam sidang kelima kasus penistaan agama
Foto : istimewa

Share this








Sirra Prayuna, pengacara Ahok, sebut saksi yang dihadirkan jaksa dalam kasus penistaan agama tidak berkualitas.

PASAR MINGGU – Sirra Prayuna, pengacara terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menyebut saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum dalam sidang yang digelar Selasa (10/1/2017) tidak berkualitas. Pasalnya, kata Sirra, saksi tidak bisa menerangkan soal kasus penistaan agama dengan jelas.

Sirra mengatakan, dari tiga saksi yang hadir, tidak ada yang bisa menerangkan kasus penistaan agama dengan jelas. "Enggak ada yang berkualitas. Keterangannya sama kaya (sidang) yang lalu," kata Sirra di auditorium Gedung Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, tempat sidang digelar, Selasa (10/1/2017).

Sirra melanjutkan, sesuai dengan KUHAP, seseorang baru dapat dikategorikan sebagai saksi pengadilan apabila yang bersangkutan melihat, mendengar, dan mengalami sendiri. "Namun ketiga saksi tersebut, tidak satu pun yang melihat dan mengalami langsung dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok," beber Sirra.

Pada sidang ke lima kasus penistaan agama, pihak JPU rencananya menghadirkan lima saksi. Namun, hanya tiga yang hadir. Yakni Pedri Kasman, Muhammad Burhanuddin, dan Wilyuddin Abdul Rasyid Dhani.