Jakarta > Hukum

Pemprov Blacklist Forum Untukmu Indonesia

Rabu, 02 Mei 2018 17:56 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

Kegiatan bagi-bagi sembako di Monas yang memakan dua korban jiwa.
Kegiatan bagi-bagi sembako di Monas yang memakan dua korban jiwa. (Sumber: Merdeka.com)
Foto : istimewa

Share this








Forum Untukmu Indonesia sudah melanggar aturan dengan menggelar acara bagi-bagi sembako di kawasan Monas tanpa izin.

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memasukkan Forum Untukmu Indonesia (FUI) ke dalam daftar hitam atau blacklist. Pasalnya, acara terakhir, yakni bagi-bagi sembako yang digelar  FUI di kawasan Monas berakhir tragis. Dua orang meninggal.

“Sudah pasti (blacklist). Kita tidak akan memberikan kesempatan lagi kepada mereka,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2018). 

Menurut Sandi, sampai saat ini, FUI belum melakukan pertanggungjawaban. Sandi meminta sarana dan prasarana di Monas kembali seperti semula. Termasuk juga penjelasan dari pencatutan logo Pemprov DKI pada kegiatan tersebut.

“Terakhir tentunya menanggung akibat dan berpartisipasi dalam satu, masalah hukum yang diselesaikan dengan aparat hukum dan dengan keluarga korban,” kata Sandi.

Dia menambahkan, pelanggaran berat yang dilakukan FUI adalah pembagian sembako yang jelas dilarang dalam peraturan gubernur (pergub). Serta yang lainnya seperti kegaduhan dan kemacetan yang ditimbulkan.

“Melanggar bukan saja pergub, tapi melanggar begitu banyak aturan dan ketentuan. Kedua adalah tentang ketentraman dan ketertiban, banyak sekali yang dilanggar,” pungkasnya.

Sebagai informasi, FUI mengadakan bagi-bagi sembako gratis di Monas, Sabtu (28/4). Kegiatan itu menyebabkan dua anak meninggal dunia, mereka masing-masing berumur 13 dan 10 tahun, yaitu Mahesha Junaedi dan Adinda Rizki yang berasal dari Pademangan, Jakarta Utara.