Detik-detik Kematian Dodi Triono, Korban Perampokan Pulomas
Jakarta > Hukum

Pembunuhan Pulomas

Detik-detik Kematian Dodi Triono, Korban Perampokan Pulomas

Jumat, 06 Januari 2017 14:37 WIB
Editor : Andi MZ | Reporter : Chandra Purnama

Pembunuhan Pulomas
Pembunuhan Pulomas

Share this





Detik-detik kematian Dodi Triono, korban perampokan Pulomas, tergambar di pra-rekonstruksi yang digelar Jumat (6/1/2016).

PULOGADUNG – Detik-detik kematian Dodi Triono di peristiwa perampokan Pulomas tergambar di pra-rekosntruksi yang digelar, Jumat (6/1/2016). Dalam reka ulang tersebut, Dodi yang diperankan oleh pemeran pengganti.

Dalam adegan 55, Dodi terlihat tiba di rumahnya mengendarai mobil Honda Jazz RS. Sementara, Yanto, sopir Dodi, juga dilakoni pemeran pengganti, tiba lebih dulu menggunakan motor matik. Di adegan 56, Ramlan Butarbutar, salah satu tersangka, dilakukan pemeran pengganti, membuka pintu pagar untuk Dodi.

"Ramlan Butarbutar membuka pagar rumah. Kemudian mobil masuk," tutur salah seorang petugas menggunakan pengeras suara yang memandu jalannya pra- rekonstruksi.

Ramlan kemudian menggelandang Dodi masuk ke rumah hingga akhirnya di sekap di kamar mandi berukuran 1,5 x 1,5 meter. Sebelumnya, kawanan perampok menyekap 10 penghuni rumah di kamar mandi terebut. Dodi bersama 5 orang lainnya tewas di kamar mandi tersebut.

Pra-rekonstruksi digelar sejak pukul 09.00. Hingga pukul 11.30 pra-rekonstruksi yang dikawal puluhan petugas kepolisian tersebut masih berlangsung.

 

 

 







Jakarta > Hukum

PRT Korban Perampokan Pulomas Pulang Kampung

Kamis, 19 Januari 2017 17:34 WIB
Editor : Andi MZ | Reporter : Chandra Purnama

Rumah Dodi Triono
Rumah Dodi Triono

Share this





4 PRT korban perampokan Pulomas pulang kampung setelah menjalani program trauma healing di LPSK.

KEBAYORAN BARU - Empat pembantu rumah tangga (PRT) yang selamat dalam kasus perampokan Pulomas pulang kampung untuk berkumpul bersama keluarga. Keempat PRT tersebut adalah  Emi (41), Santi (22), Fitriani (23) dan Windy (23).

Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Edwin Partogi Pasaribu mengatakan PRT tersebut pulang kampung setelah menjalani program trauma healing. “Mereka siap kembali ke Jakarta jika kesaksiannya tentang perampokan Plomas dibutuhkan di pengadilan,” ujar Edwin di Kebayoran Baru, Kamis (19/1/2017).

Sementara itu, Edwin menambahkan, untuk anak Dodi Triono bernama Zanetta Kalila Azaria sudah bisa kembali seperti sediakala. Namun, masih ada trauma saat Zanette hendak ke kamar mandi. "Zanette sudah bisa beraktivitas sebagaimana biasanya yah. Sudah sekolah," beber Edwin.

 







Jakarta > Hukum

Korban Perampokan Pulomas Jalani Trauma Healing

Kamis, 19 Januari 2017 15:56 WIB
Editor : Andi MZ | Reporter : Chandra Purnama

Rumah korban perampokan Pulomas
Rumah korban perampokan Pulomas

Share this





5 korban perampokan Pulomas jalani program trauma healing untuk mengembalikan kondisi psikologis

KEBAYORAN BARU - Lima korban selamat perampokan Pulomas menjalani program trauma healing dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Program itu untuk mengembalikan kondisi psikologis korban pasca perampokan. Kelima korban tersebut adalah Zanetta Kalila Azaria (13), Emi (41), Santi (22), Fitriani (23) dan Windy (23).

Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Edwin Partogi Pasaribuan mengatakan kelima korban akan menjalani penyembuhan trauma. “LPSK juga memberikan pemeriksaan assesment psikologis,” ujarnya di Kebayoran Baru, Kamis (19/1/2017).  

Ia menambahkan kondisi psikologis korban perlu dikembalikan sehingga mereka dapat hidup normal kembali. Selain itu trauma healing juga akan digunaka dalam proses sidang. "Dengan trauma healing, korban diharapkan bisa menyampaikan keterangan secara benar, sehat sehat dan bebas serta ada rasa kenyamanan,” kata Edwin.

 

 

 







Jakarta > Hukum

Korban Selamat Perampokan Pulomas Masih Trauma

Kamis, 19 Januari 2017 14:58 WIB
Editor : Andi MZ | Reporter : Chandra Purnama

Zanetta Kalila Azaria
Zanetta Kalila Azaria

Share this





Zanetta Kalila Azaria, korban selamat perampokan Pulomas takut ke kamar mandi karena masih trauma.

KEBAYORAN BARU – Zanetta Kalila Azaria, korban selamat perampokan Pulomas masih trauma. Putri Dodi Triono ini masih takut ke kamar mandi. Kawanan perampok menyekap Zanetta bersama 10 orang lainnya di kamar mandi tersebut.

Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Edwin Partogi Pasaribuan mengatakan, hingga kini, Zanetta trauma, takut ke kamar mandi. “Kalau ke kamar mandi harus ditemani,” ujarnya, di Kebayoran Baru Kamis (19/1/2017).

Trauma juga dialami 4 korban selamat lainnya, Emi (41), Santi (22), Fitriani (23) dan Windy (23). "Trauma itu sampai sekarang masih ddirasakan. Ada yang mengalami halusinasi, ada yang memiliki ketakutan terhadap kamar mandi," jelas Edwin.

Kelima korban selamat mendapat perlindungan dari LPSK. Edwin menjelaskan perlindungan itu untuk mengembalikan psikologis korban pasca kejadian. Dengan demikian, korban diharapkan dapat keterangan kesaksian di sidang.