Jakarta > Hukum

Anies Akan Sidak Gedung Lagi, Kapan Jadwalnya?

Rabu, 18 April 2018 14:58 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

Kawasan Jalan Thamrin, Jakarta Pusat (Ist)
Kawasan Jalan Thamrin, Jakarta Pusat (Ist)
Foto : istimewa

Share this








Anies sudah memberitahu jadwal sidak gedung. Sedangkan Sandiaga, masih menutupinya. Entah kapan jadwal sidak gedung.

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta berencana melanjutkan inspeksi gedung-gedung terkait penyediaan sumur resapan, penggunaan air tanah, dan pengolahan air limbah. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengatakan, giat ini masih dikoordinasikan. Ini untuk memberi kesempatan kepada masyarakat dan pelaku usaha mematuhi peraturan dan ketentuan. 

Nantinya, tim Pengawasan Terpadu Sumur Resapan, Instalasi Pengolahan Limbah, dan Air Tanah akan memeriksa kawasan industri di Jakarta Barat dan Timur secara mendadak. Inspeksi dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Kita tidak akan kabarin kalau mau sidak. Tiba-tiba Pak Anies nanti akan nongol di mana,” ujar Sandi di Balaikota, Jakarta, Rabu (18/4/2018). 

Saat ditanya kapan rencananya sidak akan dilakukan, Sandi enggan membocorkannya. Ia hanya meminta kepada para pemilik gedung dan pihak terkait segera mematuhi aturan. 

“Jadi bisa minggu depan, bisa 10 hari lagi. Jadi, siap-siap saja kalau Anda ada gedung yang tidak mematuhi, cepat-cepat upayakan langsung bereskan,” katanya.

Berbeda dengan Anies, sebelumnya Gubenur DKI Jakarta justru sudah membocorkan rencana ini. Ia menyebut inspeksi tahap kedua akan dimulai di kawasan industri Jakarta Barat dan Timur pada pekan ini.

“Hari Senin pekan depan kick off dengan untuk survey ronde tahap kedua, kita lakukan di daerah perindustrian di Jakarta Barat, kelurahan Cengkareng, Kalideres. Sama Jakarta Timur, Pulo Gadung dan Cakung,” kata Anies, Rabu (11/4/2018). 

Sebagai Informasi, sebelumnya sebanyak 77 gedung di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin sudah dilakukan pemeriksaan bulan lalu. Hasilnya, hanya satu gedung yang sudah tertib dan lolos pemeriksaan sesuai dengan Pergub 20/2013 tentang sumur resapan, yakni Hotel Pullman di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Sisanya, 37 gedung yang tidak punya sumur resapan di antaranya Kementerian ESDM, Indo Surya Center, SCG (Bangkok Bank), Hotel Sari Pan Pasific, Plaza Permata, Sudirman Plaza, Mayapada Tower, Bawaslu, Kementerian Agama, Bank Indonesia dan masih banyak lainnya.