Jumat, 11 Mei 2018 16:30:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Yatti Febriningsih
Aksi Bela Palestina, Sutiyoso: Jangan Ada Muatan Politik
Sutiyoso datang ke Balai Kota DKI.
Foto : Yatti Febriningsih
 

JAKARTA - Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis sejak pagi menggelar aksi solidaritas untuk Palestina di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Jumat (11/5/2018). Aksi ini menuai komentar banyak pihak, termasuk mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso.

Sutiyoso menyebut aksi ini adalah untuk menunjukan sikap solidaritas sesama umat Islam, mengingat mayoritas muslim di Indonesia sangat besar. Sementara di sisi lain, ada negara Islam di Palestina yang sedang mengalami tekanan-tekanan dari pihak-pihak negara lain.

“Sehingga wajar saja mereka melakukan solidaritas,” ujar Sutiyoso di Balaikota, Jakarta, Jumat (12/5/2018).

Sutiyoso meminta kegiatan ini bisa berjalan dengan aman dan tertib sesuai tujuannya membela Islam. Dia juga berpesan agar kegiatan ini tidak disalahgunakan. Salah satunya menjadi kegiatan politik terselubung.

“Yang paling penting jangan ada muatan politik. Mereka bisa menjaga keamanan dan ketertiban termasuk kebersihan. Itu akan mengundang simpati masyarakat juga,” lanjutnya.

Sebagai informasi, aksi yang mengambil tema "Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis" itu akan diawali dengan Shalat Subuh berjamah di Masjid Istiqlal Jakarta.

Selanjutnya akan dilakukan zikir dan shalawat, jalan kaki dari Istiqlal ke Monas, pembacaan Al-Quran Surat Al Isra dan Al Kahfi dari 1.000 huffadz (penghafal Al-Quran), orasi-orasi oleh para tokoh ulama, pernyataan sikap, dan di akhiri dengan Shalat Jumat berjamaah di lapangan Monas.

Sebanyak 35.000 petugas gabungan Polri dan TNI dikerahkan Polda Metro Jaya untuk mengamankan aksi massa tersebut.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda