Jakarta > Figur

Pesan Moral Putra Bungsu Jokowi Lewat Vlog

Senin, 29 Mei 2017 11:01 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Nurul Julaikah

Foto : istimewa

Share this








Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah vlog terbarunya #BapakMintaProyek tentang pesan moral terhadap intoleransi.

JAKARTA – Video viral Bunuh Ahok yang disuarakan oleh anak-anak kecil mendapat perhatian tersendiri bagi Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kaesang yang hobi melakukan vlog ini mengunggah tentang pesan moral dalam menghadapi hidup dalam perbedaan.

Dalam caption vlog #BapakMintaProyek, Kaesang mengungkapkan, hidup dalam perbedaan harus bisa menghormati perbedaan, jangan menjadikan generasi yang intoleran.

Kaesang pada video berdurasi 2.40 menit tersebut, Ia berperan sebagai dirinya sendiri sekaligus bapaknya, Jokowi. Dalam video tersebut, awalnya menceritakan kebosanannya bermain youtube yang hanya memperoleh honor kecil. Untuk itu, Ia meminta Jokowi memberikan proyek triliuan rupiah di pemerintahan, namun hal tersebut justru membuat Jokowi marah.

“Pak bapak, mbok kaesang mau ini, minta proyek triliunan bapak yang ada di pemerintah. Kaesang udah bosen dengan youtube dapetnya kecil mulu, kaesang minta ya bapak ya,” ucap kaesang.

“opo toh le, sukses dan kaya itu mesti kerja keras, kok pengen enaknya aja. Sana urusin markobar saja,” jawab Jokowi dengan suara Kaesang.

Setelah diomelin Jokowi panjang lebar. Lantas Kaesang menunjukan video generasi muda yang tidak patut ditiru. Pada video tersebut, suara-suara teriakan anak-anak berusia di bawah anak meneriakan "Bunuh bunuh Ahok, bunuh bunuh Ahok sekarang juga,"

Usai menunjukan video tersebut, Kaesang dengan menggelengkan kepala mengungkapkan, Ia prihatin terhadap sikap anak-anak kecil yang telah menebar kebencian terhadap orang lain. Kaesang menganggap hal tersebut bukan hal bagus bahkan melontari kalta-kata, Dasar Ndeso.

"Di sini aku bukannya membela pak Ahok, tapi aku disini mempertanyakan kenapa anak seusia segitu bisa begitu. Sangat disayangkan kenapa usia segitu sudah menyebarkan kebencian? Apaan coba itu? Dasar ndeso. Ini ajarannya siapa coba? Dasar ndeso, ndak jelas banget,” ucap Kaesang yang dikutip dari vlognya #BapakMintaProyek pada Senin (29/5/2017).

Pria kelahiran Solo 22 Tahun silam ini mengatakan, Dalam memberikan pembelajaran bagi anak-anak alangkah baiknya tidak mengajarkan cara mengintimidasi dan meneror orang lain. Sebab, anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus dijaga.

“Untuk membangun indonesia lebih baik itu, kita harus bekerjasama. Bukan malah saling menjelek-jelekan, mengadu domba, mengkafir-kafirkan orang lain. Apalagi itu yang kemarin itu, ada apa itu, tidak mau menyolatkan jenazah, padahal sesama muslim, karena cuma perbedaan dalam memilih pemimpin, apaan coba. Dasar ndeso. Kita itu Indonesia hidup dalam perbedaan. Salam kecebong,” kata Kaesang.

Baca juga : Batal Ajukan Banding, Ahok Dinilai Mirip Bung Karno