Jakarta > Figur

Ini Harapan Peserta Audisi Koko Cici 2017

Minggu, 09 April 2017 10:55 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Muhammad Azzam

Peserta Audisi Koko Cici 2017, Melvina Oktaviani
Peserta Audisi Koko Cici 2017, Melvina Oktaviani
Foto : Muhammad Azzam

Share this





Mengenalkan budaya Tionghoa ke generasi muda merupakan harapan Vina sebagai peserta Koko Cici 2017.

KEMBANGAN - Anak muda selalu punya cara tersendiri untuk melestarikan budaya. Hal itu seperti yang dilakukan seorang mahasiswi keturunan Tionghoa bernama Melvina Oktaviani. Ia memilih mengikuti ajang Koko-Cici Jakarta 2017.

Perempuan yang akrab disapa Vina ini menceritakan, Koko-Cici Jakarta memang serupa dengan ajang Abang-None Jakarta, namun fokus kegiatannya adalah budaya Tionghoa. Kegiatan lebih  mencakup sebagai duta wisata, budaya, dan sosial.

"Tertarik sama dunia ini karena suka berinteraksi, seneng banget ketemu orang baru, pokonya aku cari ilmu dan pengalaman baru. aku tau informasi ini dari pemunguman disekolah dan memang tim dari Koko Cici Jakarta langsung datang ke kampus memperkenalkan audisi ini, jadi aku coba ikut deh,"tutur mahasiswa Universitas Mutimedia Nusantara (UMN) kepada infonitas.com, Minggu (9/4/2017).

Vina berharap seleksi tahap awal ini lolos kemudian maju ketahap selanjutnya, semi final. Pemilihan duta wisata ini, berguna agar generasi muda Tionghoa seperti dirinya dapat terus mengenal dan mengenalkan mengenai budaya Tionghoa.

"Aku sempat berfikir kalau bukan kita-kita yang muda muda yang melestarikan dan mengenalkan kepada yang lain terus siapa yang meneruskan itu masa hilang gitu saja kalau sesepuhnya udah pada meninggal,"ucapnya.

Melalui ajang Koko-Cici Jakarta, kata Vina, diharapkan dirinya dapat lebih mengetahui tempat-tempat bersejarah, makna-makna kebudayaan, bahasa Mandarin, hingga tokoh-tokoh Tionghoa. Kemudian ajang ini juga dapat meningkatkan kemampuan publik speking jadi lebih baik lagi dan nantinya banyak ilmu baru yang akan didapatkan.

Baca juga : Ratusan Peserta Ikuti Audisi Koko Cici Jakarta 2017

Sedangkan peserta audisi lainnya Eric, pertama tertarik ikut Koko-Cici Jakarta itu saat datang ke ajang pemilihan duta budaya Tionghoa pada malam final Tahun 2013. Ketika itu, Eric hadir sebagai reporter radio kampus yang ditugaskan untuk meliput ajang tahunan tersebut.

"Waktu itu aku hadir sebagai reporter radio kampus yang ditugaskan meliput acara, setalah lihat kegiatannya saya menjadi termotivasi untuk turut melestarikan budaya Tionghoa di Indonesia. Akhirnya coba mendaftar pada 2015, dia berharap lolos ke babak selanjutnya dan terpilih menjadi Koko Cici 2017 ," jelas mahasiswa Universitas Tarumanagara (Untar) ini.

Untuk diketahui, Seleksi Pemilihan Koko Cici Jakarta resmi digelar melalui Audisi tahap awal di Ruang Serba Guna Ali Sadikin Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Barat, Seleksi awal ajang pemilihan duta budaya masyarakat Tionghoa ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 8-9 April 2017.