Jakarta > Figur

AKBP Budiyanto Tegakkan Disiplin dengan Sikap Humanis

Rabu, 08 November 2017 17:30 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Chandra Purnama

AKBP Budiyanto.
Kepala Bidang Pembinaan dan Penegakan Hukum (Bin Gakkum) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto.
Foto : Chandra Purnama

Share this








Dalam melaksanakan penindakan , AKBP Budiyanto berpesan kepada bawahannya agar mengedepankan sisi humanis dan upaya preventif.

JAKARTA - Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budiyanto bukan sosok asing dalam urusan lalu lintas, khususnya di DKI Jakarta. Pria yang mengepalai Bidang Pembinaan dan Penegakan Hukum (Bin Gakkum) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya ini dikenal tegas. Dia kerap mengambil tindakan langsung di lapangan apabila ada masyatakat yang melanggar peraturan.

Meskipun terlihat garang saat melakukan penindakan, Budiyanto ternyata memiliki sisi humanis dalam setiap aksi penindakan di jalanan. Dia berpesan, kepada masyarakat jangan pernah lari apabila sedang ada pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan.

"Iya dong, jangan takut. Nanti kalau melawan arus, malah nabrak dan laka lantas. Malah rugi semua. Bisa ada korban meninggal dunia atau luka-luka kan. Tidak perlu takut kalau benar," kata Budiyanto beberapa waktu lalu.

Dalam melaksanakan penindakan, Budiyanto berpesan kepada bawahannya agar mengedepankan sisi humanis dan upaya preventif.

"Kan tugas polisi bukan hanya penindakan saja, ada tugas preventif bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk patuh kepada peraturan perundangan undang undang. Kami juga lakukan safety driving dan safety riding," kata Budiyanto.

Ingat, sebelum melajukan kendaraan di jalanan wajib perhatikan kesehatan diri sendiri. Hal terpenting lainnya, kelengkapan kendaraan.

"Ada istilahnya Trisiap. Pertama harus siap fisik, prima, siap kendaraan pribadi, surat-surat dan kelayakan kendaraan. Dengan trisiap gitu, juga gak masalah. Gak usah ngelawan. Yang penting surat surat lengkap," tutup Budiyanto.