Jakarta > Ekonomi Bisnis

Transportasi Lebih Mudah, Bakal Ada 438 Kereta Baru

Selasa, 13 Maret 2018 16:07 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

Infrastruktur kota Tangerang Tarik Pengusaha Berinvestasi
Kereta merupakan salah satu indikator infrastruktur untuk menarik investor.
Foto : istimewa

Share this








Seluruh kereta akan tiba secara bertahap hingga tahun 2019 mendatang. Total, ada 438 baru yang sudah dipesan.

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana menambah sebanyak 438 kereta baru. Sugeng Suseno, Direktur Operasi (Dirop) PT KAI Jakarta menyebut kereta ini dipesan dari PT Industri Kereta Api (INKA). 

“Sudah (pesan kereta baru). Ada 10 kereta baru dari PT INKA. Baru empat (yang udah sampai) yang enam dalam waktu dekat ini secara kumulatif nanti akan datang.  Tapi pesanan kita 438 kereta,” katanya di Jakarta, Senin (12/3/2018). 

Hal ini juga diamini oleh Mukti Jauhari selaku Coorporate Deputi Direktur Market dan Sales KAI. Mukti menyebut seluruh kereta ini akan tiba secara bertahap hingga tahun 2019 mendatang. 

“Sebanyak 438 itu terdiri dari 38 trainset, 38 rangkaian yah. Nah yang sebelum lebaran nanti datang 10 terus sampai natal itu nanti akan datang lagi 14 jadi totalnya 24. Terus, sisanya 14 lagi Lebaran tahun depan.  Jadi genap di lebaran tahun depan kita akan datang 438 datang semua,” bebernya. 

Mukti melanjutkan, jika kereta-kereta baru ini nantinya akan memiliki kapasitas yang sama dengan kereta-kereta sebelumnya. Namun, memiliki kelebihan karena terbuat dari bahan stainless yang kuat. 

“Kapasitas sama 50 perkereta. Yah tapi bodynya stainless kalau mau lihat di kopar itu loh,” imbuhnya.