Jumat, 29 Desember 2017 15:44:00
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Nurul Julaikah
Tata Krama Naik Kereta Api di Indonesia, Perhatikan 7 Hal Berikut
Kondisi penumpang di Kereta Api (sumber @keretaapikita (instagram)
Foto : istimewa
 

Sebagai angkutan massal, kereta api berisi berbagai tipe penumpang yang masing-masing memiliki kepribadian dan kebiasaan yang berbeda. Dalam satu gerbong ada puluhan penumpang yang semuanya tentu ingin menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman. Karena itulah, kita harus memperhatikan tata krama tidak tertulis dalam menumpang kereta api.

Jaga Kebersihan

Hal pertama yang wajib dilakukan penumpang kereta api adalah menjaga kebersihan masing-masing. Agar nyaman, bawalah kantung plastik untuk menyimpan sampah sebelum petugas datang. Pastikan tidak membuang sampah sembarangan, meski nantinya disapu oleh petugas.

Setiap beberapa waktu sekali, petugas kebersihan akan lewat dan mengambil sampah yang ada di tempat duduk penumpang. Mereka juga akan menyapu lantai dan memastikan kereta dalam keadaan bersih sepanjang perjalanan berlangsung.

Tutup Jendela Bagian Atas

Beberapa kereta api masih memiliki dua jenis jendela yang bagian atasnya bisa dibuka. Agar perjalanan tetap nyaman, tutuplah jendela bagian atas ini agar udara dari AC bisa lebih maksimal. Jika kesulitan untuk menutupnya, kamu bisa meminta tolong kepada petugas.

Tidak Merokok

Larangan untuk tidak merokok di dalam gerbong atau di sela gerbong sudah menjadi aturan wajib di semua kereta api di Indonesia. Baik jarak jauh maupun jarak dekat, semuanya sama, dilarang merokok di atas kereta dan di stasiun kereta. Penumpang hanya diperbolehkan merokok di stasiun, pada lokasi yang sudah ditentukan.

Bagi beberapa orang, tidak merokok dalam waktu lama bisa membuat mulut jadi tidak nyaman. Agar perjalanan kamu tetap nyaman, bawalah permen, cokelat atau makanan ringan agar mulut tetap nyaman di perjalanan.

Periksa Barang Bawaan

Simpan barang-barang berharga kamu di tempat aman, seperti di dalam tas kecil atau tas pinggang. Letakkan benda-benda penting dalam tas ini, termasuk tiket, dompet dan benda berharga lainnya. Letakkan pula benda-benda yang mungkin kamu perlukan selama perjalanan di tas kecil ini, sehingga kamu tidak perlu bolak-balik mengambil tas yang ada di rak atas kursi.

Berbagi Colokan Listrik

Bukan hanya kamu yang perlu mengisi ulang baterai ponsel selama di perjalanan, penumpang lain yang berada di satu kursi denganmu juga memerlukannya. Mintalah izin kepada teman sebangku untuk menggunakan colokan listrik, dan segera cabut begitu baterai ponsel kamu penuh. Jika kamu memiliki powerbank, sebaiknya dibawa dalam perjalanan, sehingga tidak harus berebut colokan selama perjalanan. Dengan powerbank, kamu tidak perlu panik ketika baterai habis sementara harus melakukan proses transaksi membeli tiket pt kai di Traveloka dan colokan dipakai tetangga. Setelah tetangga kursi selesai menggunakan, kamu bisa meminta izin untuk mengisi daya di sana.

Buka Obrolan

Perjalanan jauh atau dekat, tidak akan terasa membosankan dan melelahkan jika kamu punya teman bicara. Bukalah obrolan dengan teman sebangku, atau penumpang yang ada di depan kamu. Ngobrol selama perjalanan tidak hanya membuat acaramu naik kereta api jadi lebih menyenangkan, tapi juga menjadi ajang untuk memperbanyak teman yang bisa jadi bakal jadi pintu untuk memperbanyak rejeki.

Berbagi Tempat Tas

Tentunya bila memperhatikan syarat dan ketentuan membawa bagasi, semua orang akan mendapatkan jatah yang cukup untuk barang bawaan masing-masing. Tata barang bawaanmu secara efektif agar tidak memakan tempat di dalam gerbong kereta. Pastikan penumpang yang ada di satu bangku denganmu juga mendapatkan tempat menyimpan barangnya dengan baik, jangan kamu kuasai sendiri dan membuat orang lain kehabisan tempat.

Tata krama ini memang tidak tertulis, namun pasti membuat perjalanan kamu naik kereta api jadi lebih nyaman. Kalau membeli tiket kereta api bisa nyaman dengan Traveloka, menumpangnya pun seharusnya nyaman dengan tata krama yang saling menguntungkan satu sama lain.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda