Selasa, 30 Januari 2018 10:16:00
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Yatti Febriningsih
Siap-Siap, Kamis Ini Ada Operasi Simpatik Ojek Online
Driver Ojek Online di Monas
Foto : istimewa
 

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia menegaskan tidak akan mencabut Peraturan Menteri (Permen) Nomor 108 tahun 2017 tentang pengaturan penyelenggaran angkutan orang tidak dalam trayek. Sebagai gantinya, Kemenhub akan melakukan operasi simpatik.

“Menyangkut masalah waktu untuk tindakan simpatik seperti yang disampaikan oleh pak menteri tadi dari mereka tadi udah mengusulkan antara satu-dua bulan begitu yah. Tapi kemudian akan kita bahas, nanti kan saya ada pertemuan lagi nih,” tutur Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi di gedung Kementerian Perhubungan, Senin (29/1/2018).

Kendati begitu, Budi menegaskan tetap akan menindak para pengendara online yang masih belum memenuhi aturan dalam permen 108. Hanya saja, tindakan tersebut masih bersifat teguran saja.

“Dan kemudian sebagai pengganti, tapi tidak berarti bahwa yang mereka tuh yang belum lemgkap itu tidak kita lakukan tindakan akan ada cuma adalah teguran simpatik. Misalnya, eh belum ada sim umumnya, belum ada KIRnya untuk segera melengkapi. Demikian,” jelasnya.

Budi melanjutkan permen ini akan tetap ditetapkan sesuai rencana yakni pada, Kamis (1/2/2018). Sebagai informasi dalam permen 108 tahun 2017 ini mengatur beberapa kebijakan untuk transportasi online seperti pemasangan stiker, KIR, Sim A Umum, Kuota, agrometer taksi, tarif batas atas-bawah, wilayah operasi, bukti kepemilikan kendaraan, domisili Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe.

“Intinya adalah bahwa setelah tanggal 1 Februari kita tidak akn melakukan tindakan tegas dengan menggunakan tindakan tilang. Itu di catet dulu yah,” imbuhnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda