Jakarta > Ekonomi Bisnis

Info Komuter

PT Railink Fokus Garap Kereta Bandara Soekarno Hatta

Selasa, 26 Desember 2017 15:19 WIB
Editor : Fauzi | Sumber : DBS.

Kereta Bandara Soekarno Hatta
Armada Kereta Bandara Soekarno Hatta yang dioperasionalkan oleh PT Railink.
Foto : istimewa

Share this








PT Railink berharap, selama masa ujicoba ini kereta bandara bisa mendapatkan masukan dari masyarakat sebagai penumpang, untuk meningkatkan pelayanan.

JAKARTA – PT Railink, perusahaan patungan antara PT KAI dengan PT Angkasa Pura II, selaku operator Kereta Bandara Soekarno Hatta, ingin fokus dan menyeriusi pengelolaan moda transportasi massal ini. Sebelumnya, Railink juga menggarap Kereta Bandara Kualanamu di Sumatera Utara sejak tahun 2013 lalu.

Dirut PT Railink Heru Kuswanto mengatakan, untuk tahap awal ujicoba pengoperasian kereta bandara mulai hari ini, pihaknya fokus pada pengenalan kepada masyarakat mengenai keberadaan layanan kereta bandara ini. “Harapannya, saat ujicoba hingga peresmian pada 2 Januari 2018 oleh Presiden Joko Widodo nanti, diperoleh masukan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan,” ujarnya Selasa (26/12) di Stasiun Sudirman Baru (BNI City).

Heru melanjutkan, ujicoba berbayar dengan melibatkan penumpang ini diharapkan bisa memberikan masukan dan bahan evaluasi semaksimal mungkin. Termasuk masukan mengenai uji teknis, operasional hingga traffic. “Ujicoba dengan melibatkan penumpang tentu berbeda dengan ujicoba yang dilakukan sebelumnya, kita terima kira-kira ada masukan apa nih. Kalau tidak dimulai ujicoba dengan masyarakat, tidak akan mengerti apa kekurangannya,” tandas Heru.

Untuk diketahui, ujicoba operasional berbayar kereta bandara yang dilakukan oleh PT Railink ini baru dilakukan di tiga stasiun, yakni Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Bandara Soekarno Hatta. Sementara, untuk operasional di Stasiun Manggarai dan Stasiun Duri dilakuakn setelah seluruh persiapan di kedua stasiuan tersebut rampung dikerjakan