Jakarta > Ekonomi Bisnis

Pedagang Tenda Kosong, Jalan Jatibaru Tanah Abang Tetap Tertutup

Rabu, 20 Juni 2018 15:15 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Yatti Febriningsih

Jalan Jatibaru Tanah Abang
Kondisi Jalan Jatibaru Tanah Abang kosong selama libur Lebaran, namun tetap tertutup untuk kendaraan pribadi.
Foto : Yatti Febriningsih

Share this








Selama libur Lebaran aktivitas pedagang di Jalan Jatibaru nyaris kosong. Meki begitu, jalan ini masih ditutup untuk kendaraan pribadi.

JAKARTA - Selama libur Lebaran 2018 aktivitas perdagangan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat terlihat lengang. Tidak hanya pedagang yang berada di semua blok, pedagang yang biasa berjualan di tenda-tenda Jalan Jatibaru juga kosong.

Pantauan Infonitas.com dilokasi, tidak ada satupun pedagang yang berjualan di sepanjang Jalan Jatibaru. Bahkan, tenda-tenda yang biasanya menutupi Jalan Jatibaru juga tampak kosong.

Hanya ada kendaraan roda dua yang melintas. Sementara kendaraan roda empat baik angkutan kota hingga kendaraan pribadi tidak terlihat ada yang melintasi jalan tersebut sama sekali.

Hal ini dikatakan Wakil Kepala Dinas Perhubungan (Wakadishub) DKI Jakarta Sigit Wijatmoko lantaran tidak ada aturan yang berubah. Dia menyebut meski masih dalam nuansa libur Lebaran, peraturan lalu lintas di Jalan Jatibaru tetap berjalan normal seperti biasanya.

“Jalan Jatibaru tetap dilaksanakan rekayasa lalu lintas seperti biasa.” ucap Sigit saat dihubungi pada Rabu (20/6/2017).

Untuk diketahui, Gubernur DKI Jakarta menutup Jalan Jatibaru sejak akhir tahun 2017 lalu. Penutupan ini guna memfasilitasi pedagang dengan mendirikan tenda-tenda bagi pedagang di sepanjang Jalan Jatibaru.

Jalan ini ditutup bagi kendaraan pribadi dan hanya Transjakarta Explorer serta angkutan kota (angkot) yang boleh melintas mulai pukul 08.00 -18.00 WIB.

Di luar itu, meski tidak banyak pedagang yang tidak berjualan, bus Transjakarta Explorer tetap beroperasi normal.

Selama libur Lebaran PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan sebanyak empat bus jenis low entry yang siap melayani masyarakat yang berada di kawasan Tanah Abang setiap harinya.