Jakarta > Ekonomi Bisnis

Pedagang Kecil Mandiri Punya Wadah Baru di Mal Pokets

Sabtu, 14 April 2018 15:09 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Leny Kurniawati

pasar ukm
Peluncuran Pasar UKM di Mal Pondok Kelapa Town Square (Pokets) Jakarta Timur, Sabtu (14/4/2018).
Foto : Leny Kurniawati

Share this








Syarikat Islam dan PD Pembangunan Sarana Jaya meluncurkan Pasar UKM di Mal Pokets. Khusus untuk Pedagang Kecil Mandiri (PKM) di Jakarta.

JAKARTA - Pimpinan Pusat atau Lajnah Tanfiziyah Syarikat Islam melaunching Pasar Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bertempat di Mal Pondok Kelapa Town Square (Pokets) Jakarta Timur, Sabtu (14/4/2018). 
Pasar UKM beroperasi berkat kerjasama yang dijalin Syarikat Islam dengan PD Pembangunan Sarana Jaya. Adapun pedagang yang tergabung merupakan Pedagang Kecil Mandiri (PKM) di Jakarta yang selama ini dalam binaan Koperasi Perdagangan Syarikat Islam (KOPPSI).

Menurut Wakil Sekretaris I Pengurus Pusat Syarikat Islam, Aulia Takhim Tjokroaminoto mengatakan, program ini merupakan implementasi dari catur program Pengurus Pusat Syarikat Islam Masa Juang 2015-2020.

"Catur program terdiri dari konsolidasi organisasi, penataan pendidikan, dan pencerdasan melalui gerakan siyasah. Salah satunya pemberdayaan ekonomi. Inilah mengapa kita mendirikan Pasar UKM," kata Aulia Takhim Tjokroaminoto kepada Infonitas.com.

Pria yang akrab disapa Aulia ini menambahkan, pemberdayaan ekonomi yang dilakukan Syarikat Islam tidak lepas dari sejarah berdirinya gerakan ini. Syarikat Islam adalah perubahan dari Syarikat Dagang Islam (SDI), yang merupakan wadah perjuangan kaum pribumi di bidang perekonomian.

"Awalnya itu SDI, gerakan ini dimotori para pengusaha Muslim pribumi. Sampai kemudian berubah menjadi Syarikat Islam. Itulah kenapa kita tidak melupakan program pemberdayaan ekonomi," terang Aulia.