Jakarta > Ekonomi Bisnis

Menengok Megah dan Nyamannya Bandara Sepinggan, Salah Satu Terbaik di Indonesia

Rabu, 15 Maret 2017 08:50 WIB
Editor : | Reporter :

source:twitter.com
source:twitter.com
Foto : istimewa

Share this





Sejak diresmikan beberapa tahun lalu, Bandara Sepinggan atau yang kini dikenal dengan nama baru Sultan Haji Muhammad Sulaiman menjadi ikon Kota Balikpapan. Tidak hanya karena bandara ini baru mengalami renovasi besar-besaran, tapi juga karena banyak prestasi yang dicatat oleh Sepinggan sejak pertama kali dibuka untuk umum sampai sekarang.

Perjalanan dari Jakarta menuju Sepinggan bisa kamu lakukan dengan menumpangi Express Air. Apalagi sekarang di Traveloka sedang ada promo, jadi kamu bisa beli tiket Express Air dengan harga murah, nggak bakal bikin kantong jebol buat pergi ke salah satu bandara terbaik di Indonesia ini. Selengkapnya bisa kamu cek di Express Air Traveloka.com.

Coba deh cek tiket Express Air online, kamu pasti nemu banyak banget harga paling rendah buat terbang ke Balikpapan. Tapi, ada apa saja sih di Bandara Sepinggan? Siap-siap ya, karena begitu sampai, bisa-bisa kamu lupa nggak keluar-keluar dari bandara.

Fasilitas Terbaik
Bandara Sepinggan adalah salah satu airport dengan fasilitas terbaik di Indonesia. Dalam satu tahunnya, Bandara Sepinggan bisa menampung lebih dari 10 juta penumpang dan semua akan dilayani dengan nyaman.

Total ada 79 check-in counter, masing-masing 19 unit di tiap row. Sementara untuk baggage handling system ada 2 unit level 4, dan ada 8 unit baggage claim conveyor yang terbagi menjadi 2, 4 unit di penerbangan internasional dan 4 unit di area domestik.

Datang terlalu cepat dari jam terbang, atau jemputan tak juga datang? Kamu bisa menghabiskan waktu menonton bioskop di Airport Cinema di Bandara Sepinggan yang akan memutarkan film-film pada jam-jam berikut. Pemutaran pertama pada pukul 07.00-09.00, kedua pada pukul 11.00-13.00, ketiga pukul 15.00-17.00 dan terakhir pada pukul 19.00-21.00.

Film-film yang diputar di bioskop bandara ini adalah karya anak negeri dan berbagai film pendek lainnya dengan kualitas blue ray. Dalam setiap penayangannya, bioskop ini mampu menampung penonton sebanyak 15 orang.

No 6 Terbaik Dunia
Bandara Sepinggan mulai memperbaiki posisinya di jajaran bandara terbaik dunia sejak beberapa tahun silam. Setelah dironvasi besar-besaran dengan fasilitas baru pula, bandara ini sukses masuk ke jajaran 16 besar terbaik di dunia.

Padahal pada tahun 2013 silam, Sepingan masih berada di urutan 191 dunia. hanya dalam waktu tiga tahun, Bandara Sepinggan berbenah diri dan terus memperbaiki layanan pada masyarakat dan di tahun 2016 ini Sepinggan masuk 6 besar dunia.

Keistimewaan Sepinggan
Bandara Sepinggan didesain dengan banyak kaca di dinding luarnya dengan berbagai tujuan. Salah satunya adalah penghematan listrik di siang hari, karena sumber daya listrik di Balikpapan sangat terbatas. Namun inilah yang kemudian menjadi keistimewaan dari Sepinggan. Selain menghemat energi, kaca-kaca ini juga membuat Bandara Sepinggan jadi indah.

Di dalam Bandara Sepinggan juga terdapat hotel bintang tiga yang akan menampung penumpang ketika mereka kena delay atau menunggu keberangkatan agar tidak ketinggalan pesawat. Layanan masing-masing kamar hotel ini lansgung terhubung dengan jadwal penerbangan, jadi lebih memudahkan penumpang.

Parkir dan Jalur Transportasi
Bandara Sepinggan menyiapkan lahan parker yang bisa menampung lebih dari 1100 kendaraan setiap harinya. Selain itu, Sepinggan juga menyediakan jalur jalan layang yang langsung terhubung dengan jembatan Balikpapan – Penajam Paser Utara.

Dengan berbagai fasilitas yang dimiliki Bandara Sepinggan, nggak heran kalau bandara ini jadi salah satu yang terbaik di Indonesia.