Jakarta > Ekonomi Bisnis

Masih Belum Jelas, Bagaimana Perkembangan Rumah DP 0 Rupiah Saat Ini?

Rabu, 14 Maret 2018 16:40 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

Wagub DKI Sandiaga Uno
Wagub DKI Sandiaga Uno
Foto : Yatti Febriningsih

Share this








Pembiayaan program pembangunan rumah DP 0 rupiah masih belum jelas, apakah dari pemerintah pusat atau Pemprov DKI.

JAKARTA - Program pembangunan rumah Down Payment (DP) 0 rupiah sudah mulai dilaksanakan dengan melakukan groundbreaking Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur 18 Januari lalu. 

Sesuai nama programnya, masyarakat akan dibebaskan uang muka atau DP yang biasanya diambil dari sekian persen harga rumah karena sudah ditalangi oleh Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta. 

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan bahkan mengatakan, dana tersebut masih belum diketahui apakah disediakan oleh Pemerintah Pusat atau Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

"Kalau itu (DP) bisa dari PPDPP (pengelola dana pembiayaan perumahan pemerintah pusat atau Kementerian PUPR) selaku BLUD nya pemerintah pusat, bisa juga dari pemerintah DKI. Tapi kalau untuk pemerintah DKI, saya belum bisa menyatakan sekarang. Nantilah kita lagi godok sekarang," kata Agustino di Gedung G, Balai Kota, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Tidak hanya itu, Agustino juga tidak bisa menjelaskan terkait bagaimana strategi pendanaan yang akan disiapkan oleh Pemprov DKI. Mengingat program ini nantinya akan memakai subsidi penyediaan hunian untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) milik pemerintah pusat. 

Sebagaimana diketahui, alokasi DIPA FLPP untuk Bank DKI tahun ini adalah Rp 113,04 miliar (447 unit), hunian DP Rp 0 yang di Klapa Village, Jakarta Timur justru memiliki total 703 unit. Hal ini kemudian membuat Pemprov DKI membutuhkan dana tambahan untuk mensubsidi cicilan bunga menutup kurangnya dari alokasi yang sudah ditentukan. 

“Itu belum bisa saya jawab. Yang jelas kebijakan FLPP 5 persen aturannya. Kalau siapa yang menanggulangi, kalau selama ini, kita (Pemprov DKI) belum masuk ke situ. Itu sedang digodok," lanjutnya. 

 

Sebagai informasi, terkait pembangunan rumah DP 0 ini pemerintah berencana membuat tim Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang ditargetkan terbentuk pada April mendatang. Melalui BLUD ini nantinya melayani proses penerimaan pendaftaran dan lain-lain.