Jumat, 29 Juni 2018 09:49:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Yatti Febriningsih
Ini Kisaran Harga Tarif MRT Jakarta
Kereta MRT Jakarta.
Foto : Azhari Setiawan
 

JAKARTA - Proses pengerjaan proyek Mass Rappid Transit (MRT) Jakarta secara menyeluruh sudah mencapai angka 94.92 persen. Kereta ini rencananya akan mulai beroperasi pada Maret 2019 dengan besaran tarif sebesar Rp. 8.500.

Direktur utama PT MRT Jakarta, William P. Sabandar menyebut angka didapat dari ridership survei yang dilaksanakan oleh PT MRT Jakarta. Namun, angka ini masih harus disampaikan lebih lanjut kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Hasil ridership survei oleh konsultan kami mengatakan tarif ideal di Rp 8.500 per penumpang per 10 kilometer,” ungkap William saat ditemui di kantor MRT Jakarta di Gedung Wisma Nusantara, Jakarta, Kamis (28/6/2018).

William melanjutkan, dengan besaran tarif itu pihaknya menargetkan akan melayani penumpang sebanyak 130.000 per hari.

Selain itu, besaran tarif ini juga akan diajukan kepada Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta untuk bisa ditentukan soal berapa subsidi yang akan diberikan pemerintah untuk pengoperasionalan MRT ke depannya.

“Kami sedang dibantu konsultan. Jadi ketika kami bawa ke pemerintah betul-betul matang," katanya.

Untuk diketahui, jumlah besaran subsidi ini akak ditentukan oleh jumlah penumpang perhari serta pemeliharaannya.

Selain itu, untuk pendapatan, pihak MRT Jakarta juga menerapkan sistem Non Fare Box (NFB), di mana pendapatan juga akan di dapat di luar penjualan tiket.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda