Jakarta > Ekonomi Bisnis

Info Komuter

Dituding Cari Untung, Jasa Marga Klarifikasi Soal Kenaikan Tarif Tol

Rabu, 06 Desember 2017 14:49 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

Konferensi Pers PT Jasa Marga.
Konferensi Pers PT Jasa Marga.
Foto : Yatti Febriningsih

Share this








Pihak Jasa Marga menilai kenaikan tarif tol dalam kota semata demi meningkatkan kualitas pelayanan.

JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) mengklarifikasi kritikan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) soal kenaikkan tarif Tol Dalam Kota. YLKI menyebut, kenaikan tersebut hanya akal-akalan dan lebih menguntungkan pihak Jasa Marga.

Namun, Corporate Secretary PT Jasa Marga Agus Setiawan menilai kenaikan merupakan langkah untuk meningkatkan kualitas pelayanan. "Ya sebetulnya, kita gunakan untuk menambahkan lagi jalan untuk pengembangan wilayah. Di sisi ini kita melihat dari semua aspek agar bisnis plan bisa dilaksanakan. Porsi yang terbesar itu untuk peningkatan pelayanan."

Lagipula, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga sudah menjelaskan melalui surat keputusan Nomor 973/KPTS/M/2017. "Kenaikan tarif yang kami lakukan sudah disesuaikan dengan bussines plan kami. Ini tentu juga berdampak pada pelayanan dan fasilitas yang kami berikan bagi pengguna tol," lanjutnya.

Penambahan fasilitas dan pelayanan dari penambahan pemasukan yang diperoleh Jasa Marga lewat kenaikan tarif juga sudah diterapkan dari perubahan tarif pada 2015 silam. Antara lain dengan melakukan pelebaran lajur, penambahan ruas tol, sistem integrasi tol, pengecatan marka, dan perbaikan fasilitas jalan.

"Itu semua dibiaya dari apa yang diupayakan Jasa Marga. Jadi kalau dibilang nyari untung, sebenarnya itu balik lagi untuk pelayanan juga," tandasnya.