Jakarta > Ekonomi Bisnis

Buka Penawaran Awal PUB, XL Axiata Targetkan Rp 10 T

Jumat, 14 September 2018 14:12 WIB
Editor : Fauzi | Reporter : Leny Kurniawati

XL Axiata
Penawaran awal PUB XL Axiata.
Foto : istimewa

Share this








Penawaran awal PUB yang ini menjadi salah satu strategi XL Axiata dalam memenuhi kebutuhan dana, guna mendukung langkah bisnis perusahaan.

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk., meluncurkan penawaran awal bookbuilding dua program penawaran umum baru untuk obligasi (PUB I Obligasi) dan Sukuk Ijarah (PUB II Sukuk), Kamis (13/9) kemarin. Berstatus Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB), keduanya ditargetkan mampun menghimpun dana masing-masing Rp 5 Triliun atau total 10 Triliun.

Direktur Keungan XL Axiata Mohamed Adlan menuturkan, XL Axiata dengan manajemen biaya yang efektif dan manajemen keuangan yang sehat, memiliki flasibilitas keuangan untuk meraih dana dari pasar modal melalui PUB.

“Tujuannya untuk mendukung perluasan pasar data telekomunikasi XL Axiata di Indonesia, dimana bisnis layanan data saat ini merupakan kontributor terbesar dan pendorong pertumbuhan perusahan. Termasuk konsisten memperluas infrastruktur data kami di luar Pulau Jawa, untuk mendorong pertumbuhan penggunaan data.  Oleh karena itu, kami percaya bahwa PUB Obligasi dan Sukuk Ijarah yang baru, akan memberikan salah satu alternatif pendanaan serta memungkinkan kami untuk membangun portofolio hutang yang lebih kuat," terangnya

Ditambahkannya, dengan mendapatkan initial rating AAA dari PT Fitch Ratings Indonesia (Fitch) atas Obligasi dan Sukuk Ijarah yang ditawarkan pada PUB ini, menggambarkan bahwa XL Axiata memiliki kemampuan keuangan yang relatif sangat baik dalam membayar kewajiban-kewajibannya di masa mendatang terkait penerbitan Obligasi dan Sukuk Ijarah ini, di mana initial rating tersebut diberikan oleh Fitch kepada XL Axiata dengan mempertimbangkan dukungan induk yaitu Axiata Group Berhad, tingkat leverage yang stabil, pemulihan EBITDA yang relatif baik, serta belanja modal yang tinggi untuk mendukung pertumbuhan XL Axiata di masa mendatang.

"XL Axiata menawarkan kombinasi Obligasi dan Sukuk tersebut kali ini untuk menjangkau basis investor yang lebih luas. Dan di saat yang sama, mendukung Pemerintah dalam mengembangkan sektor keuangan syariah di Indonesia," tandasnya.

Penawaran awal  XL Axiata akan dari 13 September 2018 sampai dengan 27 September 2018, diikuti penawaran umum pada 9 Oktober – 11 Oktober 2018, serta dapat mencatatkan Obligasi dan Sukuk ini pada Bursa Efek Indonesia pada pertengahan Oktober 2018.