Jakarta > Ekonomi Bisnis

Info Komuter

Antisipasi Macet, Truk Dilarang Melintas Pada 22-23 Desember

Selasa, 19 Desember 2017 13:44 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Sumber : DBS

Tol Dalam Kota
Tol Dalam Kota kerap dilanda kemacetan.
Foto : istimewa

Share this








Kemenhub telah keluarkan kebijakan terkait truk dilarang melintas pada 22-23 Desember sebagai antisipasi macet.

JAKARTA – Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2018,  pembatasan angkutan barang kembali dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Peraturan itu sebagai antisipasi kemacetan lalu lintas.

Dikutip dari kompas.com, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan pembatasan khusus untuk angkutan barang kategori sumbu 3 atau lebih. Namun, dibandingkan dengan tahun lalu, untuk 2017 ini pemberlakuan peraturan tersebut lebih singkat,

Pembatasan kendaraan sumbu 3 atau lebih akan dimulai 22 Desember 2017 pukul 00.00 sampai 23 Desember 2017 pukul 24.00. Setelah itu, akan kembali dibuka.

"Kami lanjutkan lagi (pembatasan) pada 29-30 Desember pukul 00.00 sampai 24.00. Adanya pembatasan ini, kami harap bisa menjaga stabilitas harga bahan pokok selama perayaan Natal dan Tahun Baru," kata Budi, Selasa (19/12/2017).

Sementara, untuk pembatasan lalu lintas truk dimulai dari tol dalam kota. Ia menjelaskan mulai dari Jakarta arah Merak, Tol Jakarta arah Cikampek dan Brebes Timur, Tol Jakarta arah Purbaleunyi, serta Tol Prof. Soedyamo atau Tol Bandara. Untuk jalur luar Jakarta, dimulai dari Tol Bawen arah Salatiga, sementara ruas jalan nasional berlaku di Denpasar hingga Gilimanuk.

Pengaturan ini tidak berlaku untuk kendaraan sumbu 3 yang mengantar bahan bakar minyak (BBM), barang antar pos dan uang, ternak, serta bahan pokok makanan.