Jakarta > Ekonomi Bisnis

Info Komuter, Semarak Akhir Tahun

Antisipasi Macet Libur Tahun Baru Ala Dirlantas Polda Metro Jaya

Kamis, 28 Desember 2017 19:48 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Sumber : DBS

Kondisi Jalan Tol Wiyoto Wiyono
Kondisi Jalan Tol Wiyoto Wiyono
Foto : istimewa

Share this








Pembatasan truk melintas di tol, rekayasa lalin dan penempatan personel, ialah cara antisipasi macet libur tahun baru ala Dirlantas Polda Metro Jaya.

JAKARTA – Antisipasi kemacetan saat libur Tahun Baru di sepanjang ruas jalan tol, Dirlantas Polda Metro Jaya memiliki strategi sendiri. Diantaranya, pembatasan truk melintas di ruas tol saat libur Tahun Baru diperpanjang hingga 2 Januari 2018.

Sebab, puncak arus balik diprediksi bakal berlangsung pada 1-2 Januari 2018. Wacana penambahan pembatasan truk melintas di jalan tol, dilontarkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra. Ia mengatakan, permintaan tersebut dilakukan setelah pihaknya berkoordinasi dengan Jasa Marga.

"Batasnya kan (pembatasan truk di tol) 29 dan 30 Desember, tetapi saya minta perpanjangan sampai 2 Januari. Karena saya koordinasi sama Jasa Marga, puncaknya itu 1 dan 2 Januari arus balik," ujar Halim dikutip dari kompas.com, Kamis (28/12/2017).

Berkaca dari puncak arus mudik kemarin, Halim menjelaskan, faktor kemacetan di dalam tol terjadi karena masih adanya truk yang melintas. Oleh karenanya, ia mengusulkan perpanjangan masa pembatasan truk melintas di dalam tol.

"Memang padatnya itu karena dipengaruhi oleh angkutan kendaraan berat pada 21 dan 22 Desember, saya sendiri pakai sepeda motor keliling ada perbaikan jalan juga," jelasnya.

Selain mengusulkan perpanjangan masa pembatasan truk, Halim mengaku pihaknya menempatkan personel di titik-titik rawan kemacetan. Kemudian, ia juga menyiapkan rekayasa di dalam tol jika terjadi kemacetan.

"Nanti kita buat ada beberapa rekayasa (lalu lintas)," jelasnya.