Senin, 14 Mei 2018 15:33:00
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih
bus listrik
Bus listrik karya anak bangsa.
Foto : Yatti Febriningsih
 

JAKARTA - Bus Listrik siap menghiasi jalanan Ibu Kota Jakarta. Menariknya, bus ini adalah karya anak bangsa yang diproduksi di Indonesia. Produsennya antara lain PT Mobil Anak Bangsa.

Hingga saat ini, sudah ada dua prototipe bus. “Kita ini PT MAB yang membuat, karoserinya di New Armada. Dari konsep, Styling, semuanya 3 bulan,” ujar Prabowo Karto Laksono, selaku GM Bisnis Development, di dalam bus, Senin (14/5/2018). 

Pria yang akrab disapa Bowo itu menyebut kedua prototipe itu hanya untuk kepentingan sendiri guna melihat sejauh mana efisensi bus. 

“Tentunya, mobil listrik ini, kita mengejar efisiensi. Mobil tinggi kaca-kaca lebih besar. Berarti kan lebih berat. Berarti di baterainya harus menanggung beban lebih berat. Saya pikir yang di Transjakarta itu standarnya bagus banget,” lanjutnya. 

Bus dilengkapi dengan 12 baterai. Meski buatan anak bangsa, beberapa item dari bus ini masih impor dari negara luar. Bus bisa tahan untuk perjalanan sejauh 250-300 km. 

“Ini sangat tahan, terlebih kalau macet akan hemat karena kan mesinnya tidak jalan. Baterai hanya untuk menggerakkan AC saja. AC bisa 48 jam sehari,” imbuhnya. 

Sebagai gambaran, bus listik didesain dengan warna biru dengan konsep low entry. Saat masuk ke dalam, lantai dan bangkunya sendiri didominasi warna biru dongker berpadu dengan pegangan bewarna kuning cerah. “Bus berkapasitas 84 orang dengan 34 seat,” imbuhnya. 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda