Jakarta > Ekonomi Bisnis

Ada 92 Ribu Kendaraan Balik ke Jakarta Besok

Sabtu, 17 Februari 2018 12:56 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

Tol Cikarang Utama
Kondisi arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikarang Utara saat ujicoba pembatasan truk di Ruas Tol Cikampek.
Foto : Yusuf Bachtiar

Share this








Momen liburan Imlek banyak dimanfaatkan warga Jakarta berlibur ke luar kota. Arus balik diprediksi terjadi besok. Ada 92 ribu kendaraan balik ke Jakarta.

JAKARTA – PT Jasa Marga memprediksi arus balik libur panjang (long weekend) Imlek akan terjadi besok, Minggu (18/2/2018). Sedikitnya ada sebanyak 92 ribu kendaraan kembali ke Jakarta.

“Terdapat peningkatan volume lalu lintas (lalin) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama sebanyak 92.000 kendaraan atau naik 7,98% dari lalin normal sebanyak 85.200 ribu kendaraan,” urai Assistant Vice President Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis yang diterima Infonitas.com, Sabtu (17/2/2018). 

Heru mengatakan, dalam dua hari long weekend ini saja, sudah puluhan ribu kendaraan meninggalkan Jakarta dari Gerbang Tol Cikarang Utama menuju Cikampek.

“Tanggal 15 Februari 2018, yang merupakan puncak arus mudik, tercatat 60.900 kendaraan melintasi GT Cikarang Utama arah Cikampek. Sementara tanggal 16 Februari 2018, tercatat 56.000 kendaraan melintasi GT Cikarang Utama arah Cikampek,” lanjutnya.

Heru juga menghimbau agar pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi perjalanan kembali ke Jakarta baik dari segi waktu maupun jalur alternatif yang dapat digunakan.

Jasa Marga memprediksi titik kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang akan terjadi adalah sebagai berikut :

- Simpang Susun Dawuan karena adanya arus lalin dari Cipali dan Purbaleunyi

- Rest Area Km 62

- Rest Area Km 52

- Km 47 karena adanya awal pekerjaan proyek Jakarta Cikampek II _Elevated_

- Rest Area Km 42

- GT Cikarang Utama