Jakarta Kota > Laporan Utama

Pasca Vonis Ahok

Relawan Galang KTP untuk Penangguhan Penahanan Ahok

Rabu, 10 Mei 2017 13:04 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Yatti Febriningsih

Suasana pengumpulan KTP untuk penangguhan penahanan Ahok.
Suasana pengumpulan KTP untuk penangguhan penahanan Ahok.
Foto : Yatti Febriningsih

Share this








Pengumpulan KTP untuk penangguhan penahanan ahok ini merupakan inisiatif para ibu-ibu yang tergabung dalam grup chat WhatsApp Baper Setrong.

JAKARTA – Basuki Tjahja Purnama (Ahok) divonis selama dua tahun penjara setelah dinyatakan bersalah oleh majelis karena kasus penistaan agama. Keputusan membuat Ahok dibanjiri dukungan, bahkan ratusan warga rela mengumpulkan KTP di Balai Kota hari ini untuk menjadi jaminan penangguhan Ahok agar tidak dipenjara.

Dukungan ini atas inisiatif para ibu-ibu yang tergabung dalam grup chat WhatsApp Baper Setrong. Mereka mengumpulkan dukungan warga untuk pengajuan penangguhan penahanan terhadap terpidana Ahok.

"Rencana ini inisiatif saja dari teman-teman di group WhatsApp. Kami buat pengumplan KTP ini sebagai bentuk dukungan kami kepada pak Ahok. Ini adalah Jaminan kami untuk penangguhan pak Ahok," ujar koordinator acara Suzy Rizky, kepada Infonitas.com, Rabu (10/6/2017).

Suzy mengatakan inisiatif ini rupanya disambut antusias masyarakat, terutama para relawan Ahok. Hal ini telihat dari banyaknya KTP yang sudah dikumpulkan panitia sejak pukul 08.00 WIB pagi tadi. "Alhamdullilah ini sangat disambut antusias, sampai saat ini sudah terdaftar sebanyak 700 KTP yang ikut berpartisipasi," lanjutnya.

Suzy mengatakan pengumpulan KTP ini tidak hanya dibuka untuk warga yang berasal dari daerah DKI Jakarta. Namun, dukungan ini dibuka seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia. "Ini tidak hanya untuk warga Jakarta, tapi seluruh warga Indonesia bisa mendukung. Tadi ada yang dari Kalimantan bahkan Papua. Mereka semua ikut mendukung," kata Suzy.

Sejatinya pengumpulan KTP ini akan dibuka sampai pukul 13.00 WIB nanti. Namun, karena banyaknya permintaan pengumpulan KTP ini akan diperpanjang hingga malam nanti. "Banyak sekali yang ingin ikut mendukung. Kalau di Balai Kota sampai jam 13.00 saja. Nanti jam 18.00 WIB bahi yang ingin berpartisipasi bisa datang ke Proklamasi," tutupnya.