Jakarta Kota > Laporan Utama

Ratusan Nelayan Unjuk Rasa di Monas

Selasa, 11 Juli 2017 10:11 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Yatti Febriningsih

Ratusan nelayan unjuk rasa di Monas, Selasa (11/7/2017).
Ratusan nelayan unjuk rasa di Monas, Selasa (11/7/2017).
Foto : Yatti Febriningsih

Share this








Ratusan nelayan yang berunjuk rasa di Monas memprotes kebijakan Menteri Susi Pudjiastuti, yang melarang nelayan menangkap ikan menggunakan cantrang.

JAKARTA - Ratusan nelayan yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Indonesia memadati kawasan Monas pagi ini, Selasa (11/7/2017). Mereka menggelar aksi unjuk rasa memprotes kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang melarang nelayan menangkap ikan menggunakan cantrang.

"Ini kita menuntut agar cantrang dilegalkan. Karena ini harus dipertimbangkan, kasihan nelayan. Kalau terlalu mahal juga kita kan tidak sanggup," ujar salah satu peserta aksi, Sukwanto (40), kepada Infonitas.com dilokasi.

Selain melegalkan cantrang, para peserta aksi juga mengajukan tuntutan kepada Presiden Joko Widodo. Tuntutan yang diminta ialah untuk membatalkan segala peraturan yang dibuat oleh Susi.

"Kami meminta agar Presiden Jokowi menghapus segala peraturan yang dibuat oleh Menteri Susi Pudjiastuti. Karena sesuai dengan Inpres Nomor 7 tahun 2016 yang berdampak pada hancurnya perikanan Indonesia," kata Sukwanto.

Ratusan nelayan tersebut saat ini sedang melakukan orasi di kawasan Monas untuk menyuarakan aksinya menetang Susi. Setelah itu, mereka akan melanjutkan aksinya di depan Istana Merdeka.