Jakarta Kota > Laporan Utama

Penghuni SMP 22 Pinangsia Merasa Tak Ganggu Kegiatan Belajar Mengajar

Jumat, 11 Agustus 2017 15:56 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Yatti Febriningsih

SMP 22 Jalan Jembatan Batu, RT 02/05, Nomor 74, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat.
SMP 22 Jalan Jembatan Batu, RT 02/05, Nomor 74, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat.
Foto : Yatti Febriningsih

Share this








Penghuni justru beranggapan kegiatan warga dan kegiatan belajar mengajar SMP 22 saling menguntungkan.

JAKARTA – Sekolah dan hunian sepertinya tidak bisa berada dalam satu kawasan, seperti yang terjadi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 22 di RT 02/05, Kelurahan Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat. Di sana kegiatan warga dan sekolah bercampur menjadi satu.

Kegiatan belajar mengajar menjadi satu dengan kegiatan keseharaian warga, seperti mencuci, menjemur, mengangkut galon, memasak, mengangkut gas, dan lain sebagainya.

Menanggapi hal tersebut Ketua RT 02/05 Barsel Silalahi menolak kegiatan warga disebut mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut.

"Kalau dianggap mengganggu harusnya pihak sekolah menegur secara langsung. Tapi dari dulu tidak menegur dan tidak ada ketegasan," katanya saat ditemui infonitas.com, beberapa waktu lalu.

Justru kegiatan warga dan kegiatan belajar mengajar saling menguntungkan. Sebab, penghuni yang berada di dalam sekolah bisa menyediakan dagangan untuk para murid, sehingga murid tak perlu keluar jalan raya mencari makan saat jam istirahat sekolah.

Namun, sejak rencana renovasi bergulir, kegiatan belajar mengajar SMPN 22 dipindahkan. Sehingga warga kehilangan sumber ekonominya.

"Sebagaian besar yang tinggal dan mencari kehidupannya dari murid-murid dengan berdagang. Nah sekitar 4-5 bulan ini sekolah udah nggak aktif. Yah mereka satu persatu keluarlah," lanjutnya.

Terkait rencana renovasi, Pemprov DKI meminta warga yang ada di SMP 22 untuk meninggalkan area disekitar sekolah karena akan dilakukan renovasi dan dianggap mengganggu proses belajar mengajar. 

Sementara itu, proses belajar mengajar di kedua sekolah ini sudah tidak berfungsi lagi sejak lima bulan yang lalu. Kegiatan belajar mengajar siswa SMPN 22 sementara dipindahkan ke SMP 54, Glodok, Tamansari Jakarta Barat dan SD 06 dipindahkan ke SD 11, Mangga Besar, Jakarta Barat.