Jakarta Kota > Laporan Utama

Pasca Vonis Ahok

Pendukung dan Relawan Ahok Kumpulkan KTP Tuntut Tiga Hal Ini

Kamis, 11 Mei 2017 12:33 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Adresau Sipayung

Pendukung Ahok di Balai Kota.
Pendukung Ahok di Balai Kota.
Foto : Adresau Sipayung

Share this








Pengumpulan KTP dilakukan untuk penangguhan penahanan Ahok, pembubaran ormas anti-Pancasila, dan judicial review kasus Ahok.

JAKARTA – Hukum pincang, rakyat turut bertindak. Gambaran ini yang tengah ditunjukkan para pendukung dan relawan setia Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Masyarakat terus memberikan dukungan moril kepada Gubernur DKI non aktif tersebut.

Tidak sekedar bersorak-sorai, di Balai Kota DKI, pendukung dan relawan melakukan aksi mengumpulkan KTP. Tujuannya untuk meminta penangguhan hukuman Ahok.

"Di sini kami bersatu padu untuk aksi solidaritas mendukung pembebasan bapak Ahok. Kini, kami ngumpulkan fotocopy KTP dan pendataan nama-nama untuk meminta penangguhan hukuman bapak Ahok. Hal ini wujud penolakan kita atas hukum cacat yang diberikan pada Ahok," ungkap Wikana (51), warga Jakarta Barat di depan Balai Kota, Jakarta, Kamis, (11/5/2017).

Baca Juga : Larangan Ahok dan Firasat Umi Nurul

Tidak sekedar itu, KTP tersebut juga dikumpulkan untuk bahan terhadap pengajuan gugatan Judicial Review, Pasal 156 dan 156a KUHP tentang penodaan agama. Tujuan ke-3 yaitu untuk menuntut pembubaran ormas anti-Pancasila.

"Tuntutan kami pemerintah menindak tegas ormas dan partai yang anti dasar negara, menodai Pancasila dan NKRI," ujar Anino (38), warga Jakarta Selatan.

Jumlah KTP yang terkumpul kini telah mencapai 1.200 KTP. Kata Anino, targetnya akan mengumpulkan sampai 10.000 KTP. Selain itu, para pendukung Ahok juga akan mejalankan aksi seribu lilin lagi, sorean nanti di Mako Brimob, Jakarta. Kemudian pendukung Ahok pun akan kembali melanjutkan aksi pada 20 Mei didepan Balai Kota, Jakarta.