Jakarta Kota > Laporan Utama

Hari Terakhir Penukaran Uang di Monas, Intip Nominal Penukarannya

Jumat, 16 Juni 2017 13:30 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Yatti Febriningsih

Deputi Direktur Divisi Pengelolaan Uang Keluar BI, Hestu Wibowo
Deputi Direktur Divisi Pengelolaan Uang Keluar BI, Hestu Wibowo
Foto : istimewa

Share this








Setiap orang yang mau menukarkan uang di monas hanya dibatasi Rp 3,7 juta perorang.

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan perbankan membuka loket di Irti Monas, Jakarta Pusat untuk masyarakat yang ingin menukarkan uang baru jelang Lebaran 2017. Kendati begitu, Bank Indonesia tetap memberikan batasan nominal penukaran untuk setiap orangnya.

Deputi Direktur Divisi Pengelolaan Uang Keluar BI, Hestu Wibowo mengatakan pihaknya bekerjasama dengan 13 bank dalam program penukaran uang tersebut. Satu bank menyiapkan 100 paket penukaran uang yang terdiri dari pecahan Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000 dan lainnya, dengan total Rp 3,7 juta per paketnya.

“Kita kerjasama dengan 13 bank ditambah BI. Jadi semuanya ada 14 bank termasuk BI jadi total semuanya ada 1.400 paket setiap harinya. Artinya adalah 1.400 nomor.  Jadi, setiap hari kita kasih kesempatan kepada masyarakat itu adalah sebanyak 1.400 orang setiap harinya. Di mana satu orang hanya boleh menukar maksimal Rp. 3.7 juta,” katanya kepada Infonitas.com di Irti Monas, Jakarta Pusat.

Hestu melanjutkan, selain bekerja sama dengan 13 bank, BI juga menurunkan mobil cash langsung kelapangan. Hal tersebut untuk mempermudah masyarakat yang ingin menukarkan uang tanpa harus datang ke loket resmi yang telah bekerja sama dengan BI.

“Selain bekerja sama di 10 titik, kami dari bank Indonesia juga mengirimkan tiga mobil cash keliling kami ke daerah – daerah , seperti pasar-pasar tradisonal. Itu rutin keliling dan mobile setiap harinya,” imbuhnya.

Oleh karena itu, dia mengimbau agar masyarakat melakukan penukaran uang di loket-loket resmi yang telah disediakan. Menurutnya hal tersebut bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

“Satu dijamin keasliannya, yang kedua uang itu di jamin sesuai dengan jumlahnya. Artiya 100 pak itu kan ada 100 lembar kita kan nggak menghitung satu-satu mugkin akan kurang satu lembar, yang ketiga kalau penukaran resmi itu tidak dikenakan biaya apapun,” imbuhnya.

Untuk diketahui, penukaran uang di Irti Monas sendiri akan berlangsung sampai hari ini. bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang segera datang dan mengambil nomor antrian.