Jakarta Kota > Laporan Utama

Cara Djarot Agar Pengguna Mobil Pribadi Beralih Ke Angkutan Umum

Selasa, 05 September 2017 11:57 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi transjakarta.
Ilustrasi tranjakarta (foto: kompascom)
Foto : istimewa

Share this








Djarot Saiful Hidayat menyebut pengguna kendaraan pribadi akan semakin berkurang setelah diberlakukan sistem Electronic Road Pricing (ERP).

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta sedang gencar untuk mengalihkan pengendara pribadi ke angkutan umum. Terkait ini, Gubenur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyebut beberapa kendaraan umum sudah mulai berkurang seperti Metromini dan Kopaja.

"Seperti sekarang lah Anda lihat lah di jalan-jalan itu sudah mulai banyak berkurang Kopaja Metromini. Ya kan gak kerasa mereka berkurang dengan sendirinya karena mereka melakukan peremajaan dan beralih ke Transjakarta," ujar Djarot di Balai Kota, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Djarot berharap transportasi umum yang ada di Jakarta sudah bisa dimanfaatkan dengan baik pada tahun 2020 mendatang. Terlebih, Djarot berharap pengguna kendaraan pribadi akan semakin berkurang setelah diberlakukan sistem Electronic Road Pricing (ERP).

"Nanti tahun 2020, saya sampaikan kalau semua transportasi publik di Jakarta dan sekitarnya sudah bagus mereka sudah enggan untuk bawa kendaraan pribadi. Apalagi ini sudah ada ERP,  jalan berbayar. Kalau Anda kaya, lewat jalan itu boleh masuk, bayar, Anda lewat jalur-jalur protokol bayar Anda, enakan?," kata Djarot.

Djarot sendiri mengatakan ia tidak menampik banyaknya produksi kendaraan bermotor. Kendati begitu, ia akan melakukan peralihan ini secara bertahap salah satunya dengan integrasi moda transportasi umum yang aman dan nyaman.

"Nah sekarang ini saya minta saya lagi kami tidak bisa mengontrol produksi kendaraan bermotor, silakan saja, kami atur lalu lintas dan sistem transportasi hampir setiap hari saya selalu ngecek tapi juga selalu berkoordinasi membangun integrasi sistem transportasi kita," tandasnya.