Jakarta Kota > Laporan Utama

Pilkada DKI 2017

Besok, KPU DKI Jakarta Tetapkan DPS Tingkat Kota

Sabtu, 18 Maret 2017 16:41 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : M Nashrudin Albaany

Daftar Pemilih Tetap (DPT)
Daftar Pemilih Tetap (DPT)
Foto : istimewa

Share this








KPU DKI Jakarta akan menetapkan jumlah DPS tingkat kota setelah melakukan pemutakhiran data pemilih

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta segera menetapkan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat kota untuk putaran kedua Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI, pada Minggu (19/3/2017) besok.

“Besok, kami minta serentak. Kalau misalnya ada yang perlu diperbaiki, sesegera mungkin diperbaiki lagi,” ucap Komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Pemutakhiran Data Pemilih, Mochamad Sidik di Senayan, Sabtu (18/3/2017).

Sidik menuturkan, setelah KPU tingkat kota selesai menetapkan jumlah DPS tersebut, KPU DKI Jakarta akan segera melakukan rekapitulasi di tingkat provinsi pada Selasa (21/3/2017) mendatang.

"Kemudian kami akan mengumumkan DPS yang telah ditelah ditetapkan di tiap kantor kelurahan mulai 22 Maret hingga 28 Maret 2017. DPS itu juga nantinya bisa dicek secara online di laman KPU," jelasnya.

Baca juga : Kampanye Ahok Via Medsos Dinilai Tak Akuntabel

Dia mengimbau kepada semua pemilih agar mengecek nama dan identitas kependudukan mereka di data DPS yang diumumkan. Hal itu untuk memastikan bahwa pemilih yang bersangkutan telah terdaftar atau belum.

Lebih jauh Sidik menyampaikan, DPS yang ada di putaran kedua Pilgub DKI ini terdiri dari daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih tambahan (DPTb) di putaran pertama yang telah dimutakhirkan, serta pemilih berusia 17 tahun hingga hari pencoblosan pada Rabu (19/4/2017).

"Setelah pengumuman DPS dan menerima masukan dari masyarakat, kami akan memperbaiki DPS menjadi DPS hasil perbaikan sebelum ditetapkan menjadi DPT pada 4-6 April 2017," tuntasnya.