Jakarta Kota > Laporan Utama

Pasca Vonis Ahok

Begini Cara Relawan Kumpulkan KTP untuk Penanguhan Penahanan Ahok

Minggu, 14 Mei 2017 12:52 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Wahyu Muntinanto

Warga kumpulkan KTP untuk penangguhan penahanan Ahok di Balai Kota.
Warga kumpulkan KTP untuk penangguhan penahanan Ahok di Balai Kota.
Foto : Wahyu Muntinanto

Share this








Untuk yang di luar Jakarta mereka biasanya menitipkan foto copy KTP pada sanak saudara di Jakarta untuk segera didaftarkan.

JAKARTA - Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk melakukan penangguhan penahanan terhadap Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Salah satunya di lakukan dengan mengumpulkan sejumlah KTP.

Ketua panitia aksi kumpul KTP balai kota Sisca Rumondor mengatakan pengumpulan KTP tersebut bertujuan untuk menjamin penangguhan penahanan Ahok. Bagi warga yang mau mengumpulkan KTP nya untuk penangguhan penahanan Ahok bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Sisca mengatakan, warga yang mau memberikan KTPnya tinggal datang ke Balai Kota DKI Jakarta, membawa foto copy KTP dan mengisi formulir yang sudah bermaterai. “Kalau setuju tinggal tanda tangan saja, mudah dan nggak ribet,” tuturnya.

Dia melanjutkan, masyarakat yang sudah mengumpulkan KTP bukan hanya warga Jakarta saja, melainkan warga dari daerah lain seperti Jawa Timur dan Sulawesi. Untuk yang di luar Jakarta mereka biasanya menitipkan foto copy KTP pada sanak saudara di Jakarta untuk segera didaftarkan. 

"Cara yang kedua yaitu dengan cara mengisi absen. Jadi kalau warga tidak bawa surat pernyataan dengan materai tinggal mengisi absen saja mereka menulis nama, NIK, dan tanda tangan. Jika sudah 100 nama absen itu akan dilampirkan formulir yang sudah bermatrai dengan satu tanda tangan," tuturnya.