Jakarta Kota > Laporan Utama

Banyak Penunggak Pajak Bumi dan Bangunan di Taman Sari, Ini Sanksinya

Senin, 17 Juli 2017 19:08 WIB
Editor : Denisa Tristianty | Reporter : Wahyu Muntinanto

UPPRD Taman Sari, Jakarta Barat.
UPPRD Taman Sari, Jakarta Barat.
Foto : Wahyu Muntinanto

Share this








Sanksi berat bagi para penunggak pajak hingga penyitaan barang. Penunggak pajak banyak di kawasan Taman Sari, Jakarta Barat.

TAMAN SARI - Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (UPPRD) Taman Sari, Jakarta Barat telah menempelkan segel pada sepuluh bangunan karena menunggak Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Bangunan tersebut berada dalam enam kelurahan di wilayah Kecamatan Taman Sari.

Kepala Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Tamansari (UPPRD) Andri Kunarso, mengatakan telah memberikan surat pemberitahuan sebanyak tiga kali kepada pemilik bangunan. Tetapi, dikatannya para pemilik tidak merespon teguran itu.

"Sanksi kami berikan dalam waktu 2 minggu. Bila tidak melunasi berkas, akan kami limpahkan kepada suku badan di wali kota (Jakarta Barat) dan akan dikenakan penagihan aktif," kata Andri kepada infonitas.com di lokasi penyegelan, Taman Sari, Jakarta Barat, Senin (17/7/2017).

Menurut Andri, bila sanksi penagihan aktif tidak direspon, maka pihaknya akan menjatuhkan sanksi yang lebih berat berupa penyitaan barang.

"Bisa sampai penyitaan barang, sampai dengan sejumlah hutangnya," tuturnya.

Baca : UPPRD Taman Sari Segel Sepuluh Bangunan Tunggak PBB

Ia menghimbau, agar para Wajib Pajak (WP) segera melunasi tunggakan pajak sebelum dikenakan sanksi.

"Kami mengimbau bagi yang belum membayar pajak agar segera melunasi sebelum sampai dikenakan penagihan aktif," pungkas Andri didampingi oleh Kasubag TU UPPRD Taman Sari, Romy.